Cegah Konflik Meluas, Kodam Hasanuddin Kirim 3 Gelombang Pasukan Bantuan ke Buton

Cegah Konflik Meluas, Kodam Hasanuddin Kirim 3 Gelombang Pasukan Bantuan ke Buton
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Demi mencegah konflik antar warga di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara semakin meluas, sejumlah pihak keamanan terus mengirimkan pasukan bantuan. Kodam XIV Hasanuddin merupakan salah satu pihak yang mengirim pasukannya.
 
Kapendam Hasanuddin, Letkol Maskun Nafik mengatakan, pihaknya pada Jumat, 7 Juni lalu telah mengirimkan satu SSK Yonif Raider 700/WYC yang bermarkas di Makassar diterjunkan ke Buton.
 
“Pemberangkatan personel pengamanan tersebut dibagi 3 gelombang,” kata Maskun Nafik, Ahad (9/6/2019).
 
Maskun Nafik menjelaskan, gelombang pertama dengan 35 personel menggunakan KRI Terapang  nomor lambung 648.
 
“Dan (gelombang kedua) 15 personel menaiki KAL Mamuju nomor lambung 1.6-64 dari Dermaga Lantamal VI, Makassar menuju Bau-bau, Buton tepat pada Jum’at dini hari lalu.
 
Selanjutnya pada Jumat siang harinya, yakni sekitar pukul 14.30 Wita,  gelombang ketiga berjumlah 50 personel dikirim menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Hasanuddin menuju Bandara Bau-bau, Buton.
 
Pangdam Hasanuddin Mayjen Surawahadi menitipkan sejumlah pesan kepada para personelnya. “Agar menjaga faktor keamanan dan jangan mengunakan amunisi tajam,” ujarnya.
 
“Utamakan ibadahmu dan selalu berdoa untuk keselamatan kita semua,” sambungnya.
 
Seperti diketahui, konflik di Buton melibatkan antar warga desa Sampuabalo dan desa Gunung Jaya. Insiden yang dipicu ketersinggungan itu mengakibatkan 87 rumah terbakar, 2 tewas dan 8 luka-luka.
 
Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga