Logo Sulselsatu

Gerhana Bulan, Pemkab Wajo Serukan Salat Khusuf

Asrul
Asrul

Kamis, 18 Juli 2019 22:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, WAJO – Pada hari Rabu dini hari, 14 dzulqo’dah 1440 H bertepatan pada tanggal 17 Juli 2019 M, akan terjadi Gerhana Bulan sebagian yang bisa diamati dengan jelas dari wilayah indonesia. Gerhana bulan seperti ini bisa diamati kembali pada 26 Mei 2021.

Pemerintah Kabupaten Wajo dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo menindaklanjuti Surat Kementerian Agama Republik Indonesia Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 2862/DJ. III.I/BA.03.1/07/2019 tentang himbauan Shalat Gerhana Bulan.

Kegiatan ini dilaksnakan di Masjig Agung Ummul Qura Sengkang, Rabu 17 Juli 2019 jam 04.00 Wita, dimana yang bertindak sebagai Khatib Dr. KH. Muhyiddin Tahir, S.Ag., M.Th. I dengan Imam Shalat KM. Sudirman Rajab, S.Fil., M.Pd.

Baca Juga : Ini Fenomena Astronomi yang Bisa Disaksikan Langsung di 2023, Catat Jadwalnya

Bagi kaum muslimin yg wilayahnya terlintas oleh Gerhana Bulan maka diwajibkan untuk melaksanakan Shalat Khusuf atau Shalat Gerhana Bulan.

Sebagaimana di dalam Hadits Riwayat Bukhari Muslim dimana Rasulullah SAW bersabda

“Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah ta’ala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian,”

Baca Juga : 26 Mei Gerhana Bulan Total, Plt Gubernur Sulsel Himbau Umat Muslim Salat Gerhana

Hadir dalam Shalat Khusuf ini Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., MM dan Kabag Kesra Kabupaten Wajo Hj. Ernawari Aras, S.Sos. serta Pengurus Masjid Agung Ummul Qura serta masyarakat Kabupaten Wajo. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...