Logo Sulselsatu

World Cleanup Day Bakal Digelar di Gowa

Asrul
Asrul

Selasa, 27 Agustus 2019 17:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWAKomunitas Peduli Gowa bakal menggelar World Cleanup Day (WCD) 2019 pada 21 September mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan Ayo Gowa Bersih bakal digelar serentak di seluruh Indonesia.

Pada kegiatan tersebut Peduli Gowa menargetkan serangkaian kegiatan yakni pembuatan 1.000 biopori, 1.000 bank sampah unit, 1.000 penampungan limbah minyak jelantah, 1.000 titik lokasi cleanup tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komunitas Peduli Gowa, Muhammad Hidayatullah saat melakukan audiens di Rumah Jabatan Wakil Bupati Gowa, Selasa (27/8/2019).

Baca Juga : Bupati Gowa dan Istri Fashion Show di Hari Jadi Sulsel Ke-355 Tahun

“Puncaknya pada 21 September namun sebelum itu kita akan turun langsung ke lapangan mensosialisasikan dulu di 18 kecamatan agar target pembentukan 1.000 bank sampah, biopori, penampungan limbah bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Selain mendukung gerakan Gowa bersih, Hidayatullah mengaku WCD ini juga untuk membantu Pemkab Gowa meraih Piala Adipura melalui pembuatan bank sampah unit, apalagi kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh kecamatan di Gowa dan serentak dilaksanakan di seluruh indonesia dan 150 negara.

“Kalau WCD tahun lalu hanya di Tinggimoncong saja, tapi tahun ini semua kecamatan kami libatkan pembuatan bank sampah unit inikan salah satu penilaian adipura karena melalui bank sampah ini akan diketahui neraca berapa banyak sampah yang sudah ditangani di Gowa yang tersebar di 18 kecamatan,” tambahya.

Baca Juga : Adnan Minta Pengurus YJI Gowa Rutin Lakukan Edukasi Kesehatan Jantung ke Masyarakat

Olehnya, ia berharap kegiatan ini bisa melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Gowa demi mewujudkan Gowa bersih dan bebas sampah plastik.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, Pemkab Gowa saat ini memang sedang gencarnya menggerakan Gowa bersih, dengan kegiatan tersebut dirinya terbantu mensosialisasikan kegiatan itu.

“Bagus sekali sehingga patut kita dukung, apalagi dalam meningkatkan capaian piala adipura dan penanganan sampah karena membantu Pemkab Gowa menggerakkan Gowa bersih, apalagi ada pembentukan bank sampah salah satu syarat mendapatkan Piala Adipura,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Hadirkan Rumah Dilan Dorong Pendidikan dan Keterampilan Perempuan, Ada di 18 Kecamatan

Ia mengimbau agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi terhadap kegiatan ini dalam rangka menuju Gowa yang lebih bersih.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...