Logo Sulselsatu

Petugas Home Care Banyak Kendala, Naisyah Minta Stakeholder Bangun Koordinasi

Asrul
Asrul

Rabu, 23 Oktober 2019 12:03

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin. (Sulselsatu/Resti Setiawati)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin. (Sulselsatu/Resti Setiawati)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kota Makassar Naisyah Tun Azikin melakukan pertemuan dengan petugas home care.

Naisyah mengatakan, petugas home care mengeluhkan sejumlah kendala dalam menjalankan tugasnya. Keluhan tersebut seperti kelengkapan administrasi pasien.

“Pertemuan hari ini koordinasi dengan pengelola home care puskesmas dengan Infokom untuk meningkatkan pelayanan,” kata Naisyah, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga : 3.900 Masyarakat Makassar Menderita HIV/AIDS, Minimnya Edukasi Kesehatan Reproduksi Jadi Penyebab Utama

Dia mengungkapkan, ada beberapa panggilan home care sedang gawat dan harus dirujuk ke rumah sakit. Namun kendalanya, pasien tersebut tidak memiliki kelengkapan administrasi seperti KTP dan KK. Padahal, kelengkapan tersebut merupakan syarat untuk perujukan.

Olehnya itu, mesti ada narahubung antara pihak home care dengan pemerintah kecamatan yang bisa mempercepat proses perbaikan administrasi kependudukan.

“Supaya pada saat dirujuk ke rumah sakit tak ada hambatan. Bayangkan kalau tidak memiliki KK, KTP baru mau dirujuk ke rumah sakit, masa perugas home care yang harus meneken sebagai jaminan,” ungkapnya.

Baca Juga : Kadis Kesehatan Kota Makassar Minta Puskesmas Screening Kehamilan Demi Cegah Kematian Ibu dan Janin

Dari beberapa kejadian kata dia, petugas home care harus menanggung jaminan dan bahkan membayar. Padahal, itu bukan tugasnya.

“Masa petugas home care yang harus jamin dan bayar. Kan ini menambah beban yang bukan tugas kita. Ini semua mau kita koordinasikan,” ujarnya.

Kendala lain, lanjut Naisyah, petugas home care sudah berputar-putar mencari alamat pasien selama satu jam dan tak kunjung menemukan. Seharusnya ada yang bisa dihubungi dari pihak kecamatan untuk memberi petunjuk.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Kota Makassar Peringati HKN ke-55

“Paling tidak komunikasi harus terjalin baik dengan pemerintah setempat dan SKPD terkait bila memang butuh bantuan,” imbuhnya.

Dia mengatakan perlu koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendata sehingga pada saat butuh rujukan rumah sakit tidak ada masalah.

“Artinya pada saat ada panggilan kita bisa respon dengan cepat dan masalah selesai tuntas. Tidak ada lagi kendala karena tidak punya kartu BPJS,” terangnya.

Baca Juga : Hadiri Halal Bihalal, Murni Iqbal Minta Diskes Makassar Beri Pelayanan Terbaik

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 17:22
Mulia Resmi Laporkan 2 Oknum Penyebar Video Black Campaign ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim hukum Pasangan Calon nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Mulia) resmi melaporkan 2 orang oknum y...
Politik24 Oktober 2024 17:17
Kunjungi Dua Lokasi, dr Ulfah-MHG Komitmen Wujudkan Layanan Seragam Sekolah dan BPJS Gratis
SULSELSATU.com, BARRU – Program bantuan yang ditawarkan pasangan calon dokter Ulfah-MHG menjadi daya tarik dalam perhelatan kontestasi Pilkada 2...
Sulsel24 Oktober 2024 17:17
DPRD Luwu Timur Gelar Reses Perseorangan untuk Jaring Aspirasi Masyarakat
SULSELSATU.com – Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu Timur mengumumkan rencana pelaksanaan reses perseorangan yang akan digelar oleh pimpinan dan anggot...
Adventorial24 Oktober 2024 17:06
Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, m...