Pemkot Siapkan TPU Sudiang Jadi Tempat Pemakaman Pasien Corona

Pemkot Siapkan TPU Sudiang Jadi Tempat Pemakaman Pasien Corona

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar menyiapkan TPU Sudiang sebagai tempat pemakaman jenazah pasien Covid-19.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan di Samata. Kami di Pemkot sudah siapkan di Sudiang. Tapi tempatnya agak jauh memang dari pemukiman,” kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. 

Iqbal menyebut TPU Sudiang dipilih lantaran lokasinya yang jauh dari pemukiman warga. Sehingga, kekhawatiran mengenai penyebaran virus melalui jenazah pun dicegah.

Di TPU tersebut, jenazah dengan keyakinan yang berbeda akan tetap dimakamkan di lokasi yang sama. Tidak ada tempat khusus, semua ditempatkan di lokasi yang sama.

“Ya, kami satukan di Sudiang itu. Satu kompleks semua itu,” lanjutnya. 

TPU Sudiang akan dijaga ketat oleh aparat keamanan, agar mencegah adanya kisruh soal pemakaman jenazah oleh masyarakat sekitar.

“Semua aparat hukum, kecamatan, tripica, babinsa, babinkamtibmas, terutama tokoh agama, kami libatkan,” tuturnya. 

Iqbal mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir soal penularan virus yang disebabkan karena jenazah. Sebab, pihaknya telah mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengenai tata cara pemakaman jenazah pasien corona. 

“Ya harus, jadi memang standarnya itu harus dibungkus, dikasih masuk dalam peti, dengan dilem. Biar pastikan tidak ada yang bocor,” jelas dia.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga