Logo Sulselsatu

Wagub Bantu Bibit Sayur dan Ikan untuk Warga Bara-Baraya

Asrul
Asrul

Selasa, 02 Juni 2020 19:25

Sudirman Sulaiman kunjungi pembibitan ikan dan pemanfaatan pekarangan warga di Keluarahan Bara-Baraya, Kecamatan Makassar. (ist)
Sudirman Sulaiman kunjungi pembibitan ikan dan pemanfaatan pekarangan warga di Keluarahan Bara-Baraya, Kecamatan Makassar. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menilai, pemanfaatan pekarangan menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan keluarga di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Sudirman saat mengunjungi lahan produktif warga Jalan Abubakar Lambogo, Lorong 4 RW 3, Kelurahan Bara-Baraya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Selasa (2/6/2020).

Wagub Sulsel mengapresiasi antusiasme warga sekitar yang ikut dalam memanfaatkan lahan kosong itu. Mulai dari masyarakat, kelompok majelis taklim, LPM, penyuluh, Camat, dan Lurah Bara-Baraya.

Baca Juga : Ikuti Rakorsus Pilkada Serentak 2020, Ini Pesan Wagub kepada Paslon

“Kegiatan ini untuk meningkatkan fungsi ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan space kosong pekarangan lorong di masa pandemi Covid-19,” ujar Sudirman.

Dia pun mengarahkan warga untuk serius dalam membenahi lahan tersebut. “Membantu budidaya ikan, tanaman sayur dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Ini dapat membantu untuk mengurangi beban pengeluaran warga butuh perhatian khusus untuk kebutuhan sehari-harinya. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya budidaya ikan dan sayuran di pekarangan kosong, kata dia, bisa membawa banyak manfaat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : Hadiri Kenal Pamit Kapolda Sulsel, Ini Harapan Wagub Sudirman

“Masyarakat tidak harus setiap hari ke pasar, sehingga bisa menghemat pengeluaran belanja rumah tangga bagi warga. Ini juga bisa bernilai ekonomis di kemudian hari, bisa menjadi usaha kecil milik warga di tingkat RT RW,” terangnya.

Menurutnya, peluang budi daya lahan produktif di Makassar sangat besar. Terlebih di situasi ekonomi yang kian terpukul akibat wabah virus corona.

“Inovasi dalam membangun ketersediaan dilakukan juga secara stimulan dengan memanfaatkan lahan pekarangan warga dengan metode vertical garden,” ungkapnya.

Baca Juga : Jadi Narasumber Simposium, Wagub Paparkan Kesiapan Pemprov Hadapi Covid-19

Diketahui, vertical garden atau kebun vertikal atau sering disebut pula dengan dinding hijau, dinding hidup, biowalls, atau ecowalls, adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang sempit dan terbatas dengan menggunakan dinding atau ruang secara vertikal, dengan menutupinya dengan tumbuhan yang tumbuh di atas media tanam.

Selain itu, lahan-lahan tidur yang tidak produktif dapat diubah menjadi kebun-kebun demontration plot (Demplot) di tiap daerah sebagai bahan pembelajaran dan sekaligus menggaet masyarakat agar tertarik melakukan hal serupa.

Salah seorang warga, Jumadi, mengaku, bantuan ini pun sangat bermanfaat bagi lahan pekarangan. Karena, membuat lebih sejuk dan asri daerah permukiman warga dengan banyaknya tumbuhan.

Baca Juga : Bawa Bantuan Sembako, Wagub Kunjungi Lokasi Kebakaran di Pannampu

“Sangat bermanfaat, selain untuk kebutuhan, saya pribadi juga menjadikan tempat ini sebagai hiburan. Masyarakat juga sering datang,” jelasnya.

Sebulan yang lalu atau tepatnya 2 Mei 2020, Wagub Sulsel mengunjungi lokasi itu. Di sana, Wagub Andi Sudirman menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak kondisi pandemi Covid-19.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Cegah Gizi Buruk dan Stunting, Wagub Minta Intervensi Dinas Terkait

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...