Plt Gubernur Instruksikan BPBD dan Dinas Sosial Sulsel Siaga

Plt Gubernur Instruksikan BPBD dan Dinas Sosial Sulsel Siaga

SULSELSATU.com, Makassar – Curah hujan tinggi di Sulawesi Selatan dalam dua hari belakangan ini menjadi perhatian Pemprov Sulsel. Plt Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman, memerintahkan BPBD dan Dinas Sosial Sulsel untuk siaga mengantisipasi datangnya bencana.  

“Saya sudah instruksikan BPBD dan Sosial untuk siaga,” kata Andi Sudirman kepada Sulselsatu, Rabu (10/3/2021). 

Selain itu, Sudirman juga telah mengintruksikan BPBD Sulsel terus berkoordinasi dengan Balai Besar WIlayah Sungai Pompengan Jeneberang. Untuk mengetahui status ataupun Kondisi Bendungan Bili-bili.

“Monitor terus perkembangan dan koordinasi dengan Kepala Balai BBWS-JP untuk elevasi sungai dan bendungan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkab Gowa mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang khusus di bagian hilir. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa mengatakan saat ini debit air Sungai Jeneberang mengalami peningkatan akibat curah hujan yang tinggi saat ini.

Saat sudah ada imbauan juga dari Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Jeneberang untuk masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sepanjang bantaran sungai dengan kondisi cuaca ekstrem ini,” kata Ikhsan

Saat ini elevasi bendungan Bili-bili sudah berada diangka 99,50 mdp (vol =259.375 juta m3). Angka ini kata Ikhsan sudah melewati batas normal dari Bendungan Bili-bili 99,50 mdp (vol =259.375 juta m3).

Penulis: Jahir Majid

Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga