Bank Sulselbar dan Amartha Kerja Sama Dukung Peningkatan Usaha Mandiri Ibu-ibu Pedesaan

Bank Sulselbar dan Amartha Kerja Sama Dukung Peningkatan Usaha Mandiri Ibu-ibu Pedesaan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Amartha sebagai lembaga pembiayaan menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar memberikan peluang bagi ibu-ibu pedesaan meningkatkan usaha.

Kerja sama keduanya berupa pemberian pembiayaan bagi ibu-ibu pedesaan yang ingin memulai usaha. Bank Sulselbar dalam hal ini menyiapkan dana bagi Amartha agar disalurkan kepada debitur.

Rencananya, Bank Sulselbar menyiapkan dana Rp100 miliar yang siap disalurkan selama tahun 2021 ini. Bank Sulselbar dan Amartha berkolaborasi menyalurkan pembiayaan bagi ibu-ibu yang memiliki usaha mikro dan ultra mikro.

Direktur dan IT Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan mengatakan, kerja sama dengan Amartha ini karena memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan dampak kepada masyarakat dan pembangunan.

“Targetnya tahun ini, Bank Sulselbar akan menyiapkan Rp100 miliar jika izin dari OJK sudah keluar. Kerja sama ini diharap dapat menjangkau nasabah yang tidak dapat dijangkau oleh Bank Sulselbar, mampu menjadi perpanjangan tangan,” jelasnya di konferensi pers di Hotel The Rinra, Kamis, (11/11/2021).

Untuk diketahui, Amartha adalah lembaga pembiayaan yang menyasar usaha mikro dan ultra mikro. Usaha ini dikhususkan bagi ibu-ibu yang ada di pedesaan.

Amartha memilih mendanai perempuan atau ibu-ibu karena bisa memberikan dampak besar baik itu di keluarga, bahkan di lingkungan dan ekonomi.

Irmayanti menjelaskan, dengan adanya kerja sama dengan Amartha ini memberikan kemudahan bagi Bank Sulselbar untuk tidak lagi membuka kantor cabang. Mengingat fokus Amartha hanya pada pembiayaan mikro dan ultra mikro di pedesaan.

“Dengan Amartha ini, ibu-ibu bisa menjadi mandiri. Dengan begitu, apabila ada nasabah yang ingin mendapatkan kredit lebih besar lagi diluar segmen mikro dan ultra mikro, Bank Sulselbar akan masuk disitu,” bebernya.

Sementara itu, Chief Risk and Sustainable Officer Amartha, Aria Widyanto mengatakan, di Sulawesi memiliki banyak ibu-ibu tangguh. Pemulihan ekonomi ibu-ibu di Sulawesi lebih cepat.

“Menyasar ibu-ibu pedesaan karena kita memiliki segmen mikro dan ultra mikro. Amartha menyiapkan pembiayaan modal kerja bagi ibu-ibu di pedesaan, apalagi potensi ibu-ibu di Sulawesi sangat besar,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga