Logo Sulselsatu

Bupati Gowa Buka Program Rehabilitasi Sosial WBP Lapas Narkotika Sungguminasa

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 08 Februari 2022 23:06

Bupati Gowa Adnan Puritcha Ichsan membuka kegiatan program rehabilitasi sosial tahap I Lapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel di Aula Lapas, Selasa, 8 Februari 2022 (dok. Pemkab Gowa)
Bupati Gowa Adnan Puritcha Ichsan membuka kegiatan program rehabilitasi sosial tahap I Lapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel di Aula Lapas, Selasa, 8 Februari 2022 (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWABupati Gowa Adnan Puritcha Ichsan membuka kegiatan program rehabilitasi sosial tahap I Lapas Narkotika Sungguminasa Kemenkumham Sulsel di Aula Lapas, Selasa(8/2).

Dalam sambutannya, Adnan menyampaikan dukungan dan mengapresiasi pelaksanaan program rehabilitasi sosial ini. Pihaknya juga siap bekerjasama agar program ini berjalan lancar.

“Kalo kita ingin membangun SDM yang baik maka tentu SDM tersebut harus terlepas dari bayang-banyang narkotika karena bisa merusak generasi bangsa. Untuk itu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi semua pihak,” ujar Bupati Adnan.

Baca Juga : Bupati Gowa dan Istri Fashion Show di Hari Jadi Sulsel Ke-355 Tahun

Adnan berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga ke depannya generasi anak bangsa yang sudah terjerumus dapat menjadi baik dan berguna bagi bangsa dan negara.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini ada 10 UPT Lapas dan Rutan yang melaksanakan kegiatan rehabilitasi.

Kadivpas Edi minta setelah selesai rehab selama 6 bulan ini para peserta dapat menjadi relawan dan duta anti narkoba yang bisa membantu rekannya di luar agar tidak menggunakan lagi narkoba.

Baca Juga : Mentan RI Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Total Rp65,4 Miliar ke Pemkab Gowa

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BNNP Sulsel Ghiri Prawijaya berpesan pada para peserta rehabilitasi bahwa tidak ada dokter yang bisa menyembuhkan.

“Hanya dengan niat baik dan untuk menjaga nama baik saudara, orang tua dan keluarga yang akan menyembuhkan saudara. Kesembuhan itu sendiri letaknya ada pada diri masing-masing,” kata Ghiri.

Kalapas Narkotika Sungguminasa, Andi Mohammad Syarif dalam laporannya mengatakan, kegiatan rehabilitasi sosial dilaksanakan dalam dua tahap yang diikuti oleh 440 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Tahap I diikuti 220 orang dan tahap II juga diikuti 220 orang. Dimana tiap tahap dilaksanakan selama 6 bulan.

Baca Juga : Mentan RI Serahkan Berbagai Bantuan Alat Pertanian Saat Kunker di Kabupaten Gowa

“Kegiatan ini dapat terlaksana, tentunya melalui sinergi antara Lapas Narkotika Sungguminasa dengan BNNP Sulsel dan Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI) Sulsel,” ujar Kalapas Syarif.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...