Pelantikan Andi Sudirman Jadi Gubernur Definitif Terkesan Diulur-ulur

Pelantikan Andi Sudirman Jadi Gubernur Definitif Terkesan Diulur-ulur

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jadwal pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel definitif hingga saat ini belum ada.

Padahal Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel telah melaksanakan rapat paripurna pengusulan dan pengesahan Andi Sudirman sebagai gubernur definitif lebih dari sebulan, tepatnya 24 Januari 2022.

Bahkan pelantikan adik mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu terkesan diulur-ulur, diduga dalam rangka mencegah pengusulan Wakil Gubernur Sulsel untuk mendampingi Andi Sudirman.

Untuk diketahui, bila Andi Sudirman Sulaiman tak dilantik sebagai gubernur definitif hingga 5 Maret 2022, maka posisi wakil gubernur tak akan terisi.

“Ini memang terkesan ada skenario untuk mengulur-ulur pelantikan gubernur definitif. Menurut kami (DPRD) itu tidak benar, makanya kami hari ini menyurat ke Kementerian Sekretariat Negara untuk mempertanyakan itu dan meminta agar dilakukan pelantikan segera,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah di ruang kerjanya, Kamis (24/2/2022).

Sebagai mitra pemerintahan, DPRD Sulsel kata Ulla sapaan Ni’matullah mengaku prihatin dengan kondisi sekarang dimana pemimpinnya masih pelaksana tugas.

“Kami di DPRD ini betul-betul prihatin, dia (Andi Sudirman) masih sendiri dan belum definitif. Karena status Plt itu dalam mengambil kebijakan dan keputusan sangat terbatas. Jadi pemerintah pusat tidak boleh membiarkan dan menggantung ini barang,” jelas politisi Partai Demokrat tersebut.

Begitu banyak kebijakan di Sulsel kata Ulla yang harus dilaksanakan oleh Andi Sudirman, namun karena statusnya masih Plt hal itu tidak bisa dilakukan.

Andi Sudirman juga kewalahan melaksanakan tugasnya sebagai kepala pemerintahan, mengingat keterbatasan waktu dan alasan lain.

“Masa pemerintah pusat membiarkan ini, seolah-olah tidak ada masalah. Bayangkan Plt ini juga sudah hampir satu tahun. Sulsel ini harus diurus seperti provinsi lain jangan dianggap tidak penting. Seolah-olah provinsi ini kecil dan kita sangat prihatin tindakan pemerintah pusat lambat menindaklanjuti surat kami,” demikian Ulla.

Sebelumnya, Ketua DPW PKS Sulsel Amri Arsyid mengatakan pihaknya bersama partai pengusung Andi Sudirman akan mendorong pelantikan gubernur definitif secepat mungkin.

“Kita fokus mendorong pelantikan Pak Plt Gubernur untuk segera definitif, bahaya kan kalau sendirian, repot kalau (Wakil Gubernur Sulsel) kosong, ini kita tidak inginkan,” ujar Amri kepada wartawan saat Rakerwil PKS, Senin (14/2/2022).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga