Logo Sulselsatu

Gernas BBI 2022, BI Lakukan Tiga Hal Dorong Peningkatan UMKM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 24 Februari 2022 21:09

Pembukaan Gernas BBI-BWI 2022 yang dilaksanakan di Sulsel, (ist)
Pembukaan Gernas BBI-BWI 2022 yang dilaksanakan di Sulsel, (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSARBank Indonesia (BI) terus mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk lebih maju dan berkembang.

Lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia – Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI – BWI) yang dilaksanakan di Makassar, Sulsel, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo sebut tiga hal sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan UMKM.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan tiga afirmasi dalam memperkuat sinergi, koordinasi, dan kolaborasi dalam memajukan UMKM.

Baca Juga : Telkom Menang Penghargaan International Public Relations Association di Golden World Award 2024

“Pertama, afirmasi keberpihakan pada UMKM, utamanya melalui penyediaan dan penggunaan e-catalog UMKM dalam mendukung proses pengadaan pemerintah,” kata Perry, Kamis, (24/2/2022).

Kedua lanjutnya, adalah pemberdayaan UMKM dengan klasterisasi dan pelatihan kewirausahaan, serta akses pembiayaan kepada perbankan.

Kemudian yang ketiga adalah digitalisasi UMKM termasuk juga dengan sistem pembayaran. Hal ini kata Perry, salah satunya telah diwujudkan dengan implementasi QRIS dari merchant UMKM sebanyak 98 persen dari total pengguna pada tahun 2021.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

Bank Indonesia terus memperkuat kolaborasi dengan melakukan Jambore UMKM di seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia. Bank Indonesia senantiasa berkolaborasi untuk memajukan UMKM dengan sejumlah inisiatif yang dilakukan dalam Gernas BBI – BWI 2022,” lanjutnya.

Lewat Gernas BBI 2022, Bank Indonesia melakukan beberapa inisiatif. Pertama, on-boarding UMKM untuk mendorong digitalisasi UMKM terlibat dalam Gernas BBI. Kedua, business matching agar UMKM go export dengan menghubungkan UMKM dengan mitra eksport global.

Ketiga adalah dengan sosialisasi kepada 10.000 zillenial untuk menggerakkan dan membangun karakter kecintaan terhadap produk lokal UMKM.

Baca Juga : BRI Bawa 5 UMKM Indonesia Go Global di Pameran Amazing Indonesia Jeddah

Bank Indonesia berkeinginan menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai pusat perekonomian Kawasan Timur Indonesia, sekaligus sebagai strategic point pengembangan UMKM Kawasan Timur Indonesia dengan semangat PINISI. Mari dukung UMKM dan wisata lokal di seluruh nusantara,” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...