Logo Sulselsatu

Peluas Transaksi Digital, BI Sulsel Target 30 Pasar di Sulsel Implementasikan Program SIAP QRIS

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 07 Maret 2022 18:36

Kick off program SIAP QRIS pasar dan mal tahun 2022 dalam acara Ngopi Bareng Obrolin Digitalisasi (Obor Digitalisasi), Senin, 7 Maret 2022 di Makassar (ist)
Kick off program SIAP QRIS pasar dan mal tahun 2022 dalam acara Ngopi Bareng Obrolin Digitalisasi (Obor Digitalisasi), Senin, 7 Maret 2022 di Makassar (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) melakukan kick off program SIAP QRIS pasar dan mal tahun 2022 dalam acara Ngopi Bareng Obrolin Digitalisasi (Obor Digitalisasi), Senin, 7 Maret 2022 di Makassar.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, implementasi kebijakan sistem pembayaran menggunakan QRIS, BI berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan mengusung Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) untuk pasar tradisional dan mal.

“Melanjutkan kesuksesan SIAP QRIS di tahun 2021, maka pada tahun 2022 terdapat 30 lokasi pasar di 24 kabupaten/kota Sulsel yang menjadi target program SIAP QRIS. Per akhir Januari 2022, jumlah merchant QRIS di Sulsel sudah mencapai lebih dari 522.694 merchants atau tumbuh sebesar 172 persen (yoy),” kata Cik sapaannya, Senin, (7/3/2022).

Baca Juga : Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi BRIZZI Meningkat 15%

Ditambah, 38 Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank (LSB) yang memberikan layanan dan memfasilitasi pendaftaran QRIS di Sulawesi Selatan.

Cik menyebutkan, jumlah tersebut didominasi oleh merchant sektor UMKM dengan porsi sebesar 83,38 persen atau 436.615 merchants. QRIS juga membantu Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) untuk pembayaran pajak dan retribusi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta menjaga stabilitas makroekonomi dengan memperluas penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal.

“Oleh karena itu, BI juga menjalin kerja sama dengan Thailand dan Malaysia dalam pengembangan fitur QR-Cross Border, yang ke depan juga terus diperluas ke negara Asia seperti Singapura, India, Jepang, dan Saudi Arabia,” bebernya.

Baca Juga : Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

Melalui acara Obor Digitalisasi ini, BI Sulsel meminta semua pihak yang hadir untuk memberikan dukungan pada program SIAP QRIS pada pasar tradisional dan mal serta berupaya maksimal dalam peningkatan pengguna QRIS terutama pada penduduk dewasa.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...