Ketua DPRD Sulsel: Tidak Usah Lagi Bicarakan dan Sesalkan Tentang Wagub

Ketua DPRD Sulsel: Tidak Usah Lagi Bicarakan dan Sesalkan Tentang Wagub

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari meminta kepada semua pihak untuk menyudahi pembicaraan persoalan wakil gubernur yang kosong.

Bendahara DPD I Golkar Sulsel itu berharap Andi Sudirman Sulaiman yang akan dilantik Presiden Joko Widodo 10 Maret di Istana Negara sebagai Gubernur Sulsel definitif mampu menuntaskan dan mewujudkan janji politik dalam RPJMD walaupun sendirian mengelola pemerintahan.

“Kita harap janji politik melalui RPJMD dapat terlaksana sampai berakhirnya masa jabatan Pak Andi Sudirman,” kata Andi Ina, Selasa (8/3/2022).

“Kita harap pemerintahan beliau jadi tim kuat dengan libatkan semua OPD-nya, semua stakeholder, termasuk DPRD,” sambung Andi Ina.

Ia menyebut DPRD dan Pemprov Sulsel telah menunaikan tugas mengusulkan pengangkatan gubernur definitif kepada Pemerintah Pusat sejak 25 Januari 2022 lalu.

DPRD Sulsel awalnya berharap agar usulan pelantikan disetujui sebelum 5 Maret 2022.
Akan tetapi, Andi Ina menyebut wewenang pelantikan ada di tangan pemerintah pusat.

Namun hingga 5 Maret 2022, jadwal pelantikan belum turun dari pemerintah pusat.

“Buat saya ya sudah, mekanisme sudah tidak bisa ada Wagub, ya sudahlah kita harus terima. Kita tidak usah lagi bicarakan dan sesalkan tentang wagub, aturan sudah tetapkan seperti itu,” katanya.

“Semua pihak sudah mengusahakan agar Pak Andi Sudirman dilantik sebelum sisa masa jabatan 18 bulan, baik kami DPRD, pengusung,” sambungnya.

Andi Ina menilai, Pemprov Sulsel tidak boleh disalahkan atas ketiadaan Wagub. Sebab, katanya wewenangan pelantikan ada pada pusat.

“Sekarang tinggal menunggu Pak Andi Sudirman dilantik jadi definitif. Tentu kita harus dukung pemerintahan ini dengan kepeminpinan beliau, karena banyak hal penting ke depan harus dijalankan besama terkhusus pemerintahan ini,” kata Andi Ina.

Untuk diketahui, Andi Ina telah tiba di Jakarta memenuhi undangan pelantikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Srikandi Partai Golkar itu berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 10.00 Wita pagi tadi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga