Logo Sulselsatu

Inovasi Dinkes Makassar dalam Rakorsus 2022 Mudahkan Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 17 Maret 2022 16:24

Kadinkes Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin memaparkan inovasi Dinkes Makassar dalam Rakorsus 2022 (Ist)
Kadinkes Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin memaparkan inovasi Dinkes Makassar dalam Rakorsus 2022 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar kian memaksimalkan layanannya untuk masyarakat Makassar. Sebuah program dengan akses kemudahan dalam pelayanan kesehatan dengan menghadiri aplikasi yang dinamai A’LESSE, AGANG TB, SI PABELETA, dan AK TAYANG DI.

Empat Aplikasi tersebut akan dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan di Kota Makassar.

Program inovasi ini dipaparkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin saat hadir dalam acara akbar Rapat Koordinator Khusus Pemerintah Kota Makassar di Hotel Sheraton, Selasa (16/3/2022), Lalu.

Baca Juga : Dinkes Catat 2.535 Warga Kota Makassar Gunakan Layanan Home Care Dottoro’ta

Kadinkes Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin mengaku optimistis program yang dipaparkan akan berjalan semaksimal mungkin serta melahirkan pelayanan kesehatan yang sangat memudahkan masyarakat.

“Ada empat aplikas, pelayanan ke masyarakat dan 2 issue di lingkup dinkes utk mendukung pelayanan yg ada di puskesmas” ucapnya kepada Sulselsatu.com.

Menurutnya konsep Makassar Metaverse akan sangat bermanfaat dengan program yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan Makassar.

Baca Juga : Pemkot Makassar Berbenah, Bersiap Terapkan KRIS di RSUD Daya

Dinkes Kata dia, akan melahirkan Program berupa layanan perawatan dan konsultasi dokter gratis yang bisa dipanggil ke rumah warga selama 24 jam.

“Kalau dalam pelayanan kesehatan sangat banyak yang kita harapkan dalam kota Metaverse ini, misalnya terkait pelayanan home care (pelayanan kesehatan dari rumah) yang di dukung dengan aplikasi telemedicine” ujarnya

Ida sapaan akrab Nursaidah Sirajuddin menjelaskan dengan hadirnya konsep Makassar Metaverse yang digagas oleh Wali Kota Makassar Danny pomanto, segala jenis penyakit dapat di sasar melalui aplikasi A’LESSE.

Baca Juga : Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasaran: Tidak Ada Kandungan Berbahaya

“Yang di mana hanya menyentuh 1-2 penyakit saja, kedepannya dengan adanya Metaverse ini telemedicine ini dapat menyasar semua jenis penyakit” jelas Ida sapaan akrab Nursaidah Sirajuddin.

Selain layanan kesehatan dari rumah, lanjut ida, Makassar Metaverse juga akan membantu memaksimalkan terlaksananya program pelayanan 24 jam di setiap rumah sakit di kota Makassar.

Petugas kesehatan, kata dia akan lebih bekerja semaksimal mungkin.

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

“Kedua bagaimana pelayanan 24 jam ini dapat betul-betul terlaksana dengan maksimal, karena memang betul sudah 24 jam tapi sedikit ada kendala misalnya petugas terlambat ke lapangan, walaupun terlaksana tapi terkadang pelayanan terkendala, misalnya petugas terlambat ke lapangan dengan adanya Metaverse ini petugas cepat merespon” pungkasnya

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sendiri membeberkan SKPD Pemkot Makassar yang siap menghadapi Metaverse. Salah satunya adalah Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Danny mengatakan Dinkes Kota Makassar memiliki programnya tepat sasaran dengan visi-misi ADAMA. “Saya melihat disitu rata-rara sudah kena-lah. Seperti misalnya orang kalai menembak, itu kena badannya. Walaupun tidak kena di kepala, bisa kena badanya lah,” ungkap Danny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis24 Oktober 2024 16:26
Kalla Toyota Hadirkan Konsep Baru Empat Dealer di Sulsel
Kalla Toyota baru saja melakukan refreshment tampilan beberapa dealernya dengan mengusung konsep pengalaman yang menyenangkan....
Politik24 Oktober 2024 15:15
Kampanye di Bara-baraya, Ini Janji Amri Arsyid Jika Terpilih Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid menemui warga Kelurahan Bara-Baraya Induk, Kecamatan Makassar,...
OPD24 Oktober 2024 15:06
Cicu dan Appi Harap Pimpinan DPRD Makassar Baru Adaptif dalam Kebijakan Pusat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Empat pimpinan definitif DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 resmi diambil sumpahnya pada Kamis (24/10/2024). Ketua ...
Politik24 Oktober 2024 15:03
Pelantikan Pimpinan DPRD, Pjs Wali Kota Makassar Harap Perkuat Sinergitas
SULSELSATU.com, MAKASSAR — Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik...