Logo Sulselsatu

Upaya Gubernur Andalan Atasi Kemiskinan di Sulsel Diapresiasi Kemendagri

Asrul
Asrul

Rabu, 30 Maret 2022 22:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas sejumlah capaian pembangunan makro.

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Teguh Setyabudi pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulsel yang mengusung tema “Pemantapan Kesejahteraan Melalui Pembangunan Manusia yang Produktif dan Berkarakter” di Hotel Claro Makassar, Rabu (30/3/2022).

“Dalam konteks capaian pembangunan makro khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan data pada tahun 2021 hampir semua menunjukkan capaian yang baik. Kita apresiasi Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Teguh.

Baca Juga : Berpihak ke Petani, Prof Zudan Diganjar Anugerah Perkebunan 2024

Salah satunya, kemiskinan di Sulawesi Selatan menunjukkan tren penurunan. Persentase penduduk miskin pada September 2021 sebesar 8,53%, menurun 0,25% poin dibandingkan Maret 2021 sebesar 8,78%. Sementara persentase penduduk miskin di Indonesia 9,71%.

“Terkait masalah kemiskinan menjadi salah satu poin penting. Kami bersyukur karena tingkat tingkat kemiskinan ekstrim di Sulawesi Selatan relatif sangat kecil, walaupun kecil tetap kita perhatikan,” ungkapnya.

Selain itu, capaian makro lainnya menunjukkan tren baik. “Kita lihat dari laju pertumbuhan ekonomi menunjukkan 4,65% yang sebelumnya terkontraksi -0,71%. Demikian juga untuk angka makro lainnya, misalnya pengangguran, gini rasio, dan IPM. Menunjukkan tren yang naik,” bebernya.

Baca Juga : Prof Zudan Apresiasi Kepala Daerah Maju Pilkada Pilih Cuti Panjang

Tentunya, capaian tersebut tidak terlepas dari intervensi oleh Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan. Yang senantiasa berupaya menghadirkan inovasi dan memfokuskan untuk bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Pembangunan kita terus gencarkan yang mengarah untuk asas manfaat bagi masyarakat banyak,” kata Andi Sudirman.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...