Logo Sulselsatu

Kepala Dinkes Makassar Nursaidah Sirajuddin Dampingi Dirjen P2P Resmikan Gedung Laboratorium BTKLPP Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 05 April 2022 14:43

Peresmian gedung laboratorium (dokumen: ist)
Peresmian gedung laboratorium (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSARDirjen P2P, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS melakukan kunjungan ke Universitas Hasanuddin, Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, pada Selasa (5/4/2022).

Universitas Hasanuddin nantinya akan diberikan mesin Whole Genome Sequenncing (WGS) dengan jenis Gridlon. Dalam kunjungannya Dirjen meninjau infrastruktur, sarana dan prasarana yang terdapat di RS Universitas Hasanuddin.

Untuk diketahui, Rumah Sakit Universitas Hasanuddin telah menjadi laboratorium rujukan pemeriksaan Covid sejak 2020 dan telah melakukan banyak kerja sama dari berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri.

Baca Juga : Dinkes Catat 2.535 Warga Kota Makassar Gunakan Layanan Home Care Dottoro’ta

Untuk itu, Dirjen P2P berharap bahwa nantinya mesin WGS yang akan ditempatkan di Unhas akan dapat berjalan maksimal dengan SDM yang berkualitas.

Dirjen P2P mengingatkan agar segera melengkapi alat pendukung yang belum tersedia di Universitas Hasanuddin. Mengingat, mesin akan di distribusikan pada bulan ini.

“Harapannya dengan WGS ini tidak hanya untuk surveilans genom Virus SARS-CoV-2, tetapi nantinya dapat juga dikembangkan untuk mendukung penelitian dan surveillans penyakit menular lainnya,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Berbenah, Bersiap Terapkan KRIS di RSUD Daya

Selain di Unhas, BBLK Makassar juga sebagai salah satu laboratorium terpilih. Didampingi Kepala BBLK Makassar, dr. Mujaddid, Dirjen P2P mengunjungi lokasi laboratorium yang akan ditempatkan mesin WGS.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 15:15
Kampanye di Bara-baraya, Ini Janji Amri Arsyid Jika Terpilih Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid menemui warga Kelurahan Bara-Baraya Induk, Kecamatan Makassar,...
OPD24 Oktober 2024 15:06
Cicu dan Appi Harap Pimpinan DPRD Makassar Baru Adaptif dalam Kebijakan Pusat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Empat pimpinan definitif DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 resmi diambil sumpahnya pada Kamis (24/10/2024). Ketua ...
Politik24 Oktober 2024 15:03
Pelantikan Pimpinan DPRD, Pjs Wali Kota Makassar Harap Perkuat Sinergitas
SULSELSATU.com, MAKASSAR — Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik...
Berita Utama24 Oktober 2024 14:46
Wujud Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Babinsa Koramil 04 Kelara Ajak Warga Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Wujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1425-04 Kelara Kodim 1425 Jene...