Logo Sulselsatu

RTH Magani Park Program PKPM PT Vale Jadi Sumber Ekonomi UMKM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 07 April 2022 11:48

Pasar Ramadam di RTH Magani Park yang merupakan program PKPM PT Vale (dok. PT Vale)
Pasar Ramadam di RTH Magani Park yang merupakan program PKPM PT Vale (dok. PT Vale)

SULSELSATU.com – Pasar Ramadan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Magani Park, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Sorowako, membawa berkah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar tersebut memanfaatkan taman rekreasi dan sarana pengembangan ekonomi yang dibangun oleh PT Vale melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) pada tahun 2020-2021.

Menurut salah satu pedagang kuliner jajanan nusantara, Najmiah, hadirnya pasar Ramadan membawa berkah luar biasa bagi usahanya karena penjualannya terus meningkat. Bahkan, jika dipersentasekan bisa mencapai 50 persen sejak hadir di pasar tersebut.

Baca Juga : Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan

“Dibanding bulan ramadan sebelumnya alhamdulillah penghasilan saya selama beberapa hari ini lumayan meningkat hingga mencapai 50 persen. Jika sebelumnya mendapatkan keuntungan sebesar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, alhamdulillah dengan menjual di sini bisa sampai Rp300 ribu, bahkan lebih,” ungkap Najmiah.

Menurutnya, lokasi event tahunan ini sangat strategis, sehingga mudah untuk mendatangkan pengunjung atau pembeli.

Di tahun mendatang Najmiah berharap agar kegiatan Pasar Ramadan kembali digelar di Magani Park. “Dan kalau bisa dibuat yang lebih bervariasi lagi. Termasuk tendanya dan kelengkapan penerangan bisa lebih optimal lagi ke depannya, karena sampai lepas buka puasa pun, masih banyak pengunjung berdatangan,” tambahnya.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

Sementara itu Syaiful Amsal, salah seorang pengunjung juga mengatakan, lokasi Pasar Ramadan yang rutin digelar setiap tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

“Kalau kita di Sorowako sudah terbiasa dengan pasar ramadan. Senang karena tahun ini pasar ramadan diadakan lagi dan lokasinya berbeda. Tempatnya lebih bagus dan strategis. Harapannya penataannya diseragamkan, pengelolaan yang profesional sehingga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang kembali,” ujar Syaiful.

Terpisah, Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), Ardian Putra menuturkan, PT Vale senantiasa hadir memberikan dukungan bagi UMKM, tidak saja pendampingan melalui pelatihan, tapi juga bagaimana produk UMKM bisa melakukan penetrasi pasar.

Baca Juga : Pionir Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia Raih Terobosan Peringkat Risiko ESG Menengah

Salah satunya tentu dengan memberikan ruang untuk memasarkan produknya, seperti memanfaatkan fasilitas yang dibangun oleh perseroan. Termasuk dihadirkannya Gallery UMKM Kareso yang telah berjejaring juga dengan beberapa hotel dan ritel. Lalu, Gebrakan (Gerakan Belanja produk unggulan) UMKM setiap bulan ditanggal 7.

“Bulan ini spesial karena bulan ramadan, animo warga lebih besar kita perlu apresiasi BUMDESMA Anatoa yang kreatif menghelat event ini.

Termasuk sinergi dengan Bank Mandiri yang mengenalkan aplikasi transaksi QRIS, sehingga memudahkan para pembeli,” ujarnya.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Fasilitas RTH Magani Park merupakan bagian dari aset program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) sebagai wujud komitmen program PPM PKPM yang dikelola Bumdesma Anatoa selain memberi manfaat sosial dan lingkungan, namun juga bernilai tambah ekonomi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...