Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Harap Target Vaksinasi Lansia Dikurangi, Kemenkes: Usulan Itu Belum Memungkinkan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 29 April 2022 15:37

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi (dokumen: ist).
Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi (dokumen: ist).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar rencananya bakal mengusulkan ke pemerintah pusat untuk pengurangan target vaksinasi lanjut usia (lansia). Namun, Kemenkes menyebut usulan Pemkot Makassar ini belum memungkinkan untuk dilakukan.

“Sampat ini belum (memungkinkan). Belum ada keputusannya,” ungkap Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Jumat (29/4/2022).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes ini menegaskan, Indonesia akan menuju ke fase endemi. Sehingga vaksinasi menjadi salah satu cara untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Baca Juga : Dinkes Catat 2.535 Warga Kota Makassar Gunakan Layanan Home Care Dottoro’ta

“Kita akan menuju endemi jadi harus lakukan percepatan termasuk untuk vaksinasi. Dan lansia adalah kelompok paling rentan,” jelasnya.

Dia sebelumnya menuturkan vaksinasi lansia memang penuh tantangan. Sehingga daerah perlu berinovasi jika cakupan vaksinasi lansia masih rendah. Apalagi banyak kendala di lapangan misalnya banyak lansia tidak bisa berjalan jauh karena keterbatasan fisik maka layanan vaksinasi harus didekatkan ke masyarakat.

“Termasuk informasi hoax soal vaksin karena informasi belum diterima lengkap maka perlu melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama. Juga bisa melakukan layanan door to door agar vaksinasi lansia lebih maksimal, lebih dekat ke lansia,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Berbenah, Bersiap Terapkan KRIS di RSUD Daya

Menurutnya, vaksinasi lansia menjadi sudah menjadi prioritas pemerintah sehingga menjadi salah satu indikator penentuan level PPKM suatu daerah.

“Iya. (tidak mungkin dicabut atau diturunkan target capaian vaksinasi lansia). Ini sudah masukan dan hasil diskusi para ahli. Kita ingin segera pandemi ini terkendali,” tuturnya.

Pemkot Makassar diketahui berencana mengurangi jumlah sasaran vaksinasi lansia di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Rencana ini akan diusulkan ke pemerintah pusat di tengah sulitnya merealisasikan vaksinasi pada kelompok rentan tersebut.

Baca Juga : Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasaran: Tidak Ada Kandungan Berbahaya

“Iya sudah dikoordinasikan (usulan pengurangan sasaran vaksin lansia) tapi harus ada data dukung yang valid,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Makassar, Adi Novisa, Kamis (28/4).

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar tercatat jumlah sasaran vaksinasi lansia di Makassar sebanyak 101.284 orang. Namun hingga per tanggal 27 April 2022, capaian vaksinasi lansia dosis 1 mencapai 50,71 persen, dosis 2 di angka 43,20 persen, sedangkan booster terealisasi 12,21 persen.

“Saat ini sedang diusahakan mencari data riil jumlah lansia di Makassar. Arahan Bu Kadis (Dinas Kesehatan) mau disandingkan data sasaran dengan jumlah lansia per wilayah kerja puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

Adi mengemukakan, upaya ini menyusul adanya petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penanganan vaksin lansia komorbid. Kondisi yang menyulitkan kelompok rentan itu untuk divaksin.

Juknis tersebut nantinya akan mengatur vaksin lansia dengan komorbid hingga kelompok rentan yang tidak divaksin. Hal inilah yang mendasari pihaknya mulai menyiapkan data riil lansia di Makassar sebagai bahan pengurangan sasaran vaksinasi pada kategori tersebut.

“Iya tapi untuk pengajuan pengurangan sasaran harus didukung data yang valid,” tukasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Rhamdani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...