Logo Sulselsatu

Bupati Gowa Dampingi Ganjar Pranowo Ziarah ke Makan Sultan Hadanuddin

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 07 Mei 2022 16:06

Ganjar Pranowo didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka (Pemkab Gowa)
Ganjar Pranowo didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo berkunjung ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam kunjungannya, Ganjar melakukan ziarah ke makan Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, pada Sabtu, (7/5) pagi.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mendampingi Ganjar Pranowo yang juga sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA).

Bupati Adnan menjelaskan bahwa Sultan Hasanuddin ini menjadi Raja Gowa pada usia yang masih sangat muda dan memimpin Kerajaan Gowa selama 17 tahun.

Baca Juga : Bupati Gowa dan Istri Fashion Show di Hari Jadi Sulsel Ke-355 Tahun

Di Kompleks Makam Sulatan Hasanuddin ini kata Adnan, juga terdapat beberapa Raja yang pernah memimpin Kerajaan Gowa. Salah satunya adalah Sultan Alauddin yang merupakan Raja Gowa ke-14.

“Sultan Alauddin ini merupakan Raja Gowa yang pertama kali memeluk Agama Islam,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kedatangannya di Makam Raja Gowa ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya bersama Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) di Sulsel.

Baca Juga : Mentan RI Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Total Rp65,4 Miliar ke Pemkab Gowa

Menurut Ganjar, Raja Gowa ke-16 ini sangat menarik karena menjadi pemimpin di usia yang masih sangat muda dan memiliki jiwa patriotisme yang sangat tinggi sehingga ditakuti oleh Belanda.

“Sultan Hasanuddin kemudian dijuluki Ayam Jantan dari Timur yang kemudian dipasang dimakamnya,” kata Ganjar.

Ia berharap jiwa kepahlawanan, patriotisme dan semangat yang ada pada diri Sultan Hasanuddin harus bisa menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk tidak mudah menyerah.

Baca Juga : Mentan RI Serahkan Berbagai Bantuan Alat Pertanian Saat Kunker di Kabupaten Gowa

Selain itu Ganjar juga mengaku tertarik dengan corak bangunan makam yang memiliki kemiripan dengan candi-candi yang ada di Jawa. Mulai dari cara membangun dan menyatukan bangunan ada kemiripan.

“Saya tertarik karena Sultan Hasanuddin menjadi raja di usia yang sangat muda dan punya jiwa patriotisme sangat tinggi sampai Belanda takut dan dijuluki sebagai Ayam Jantan dari Timur,” tambahnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Oktober 2024 17:58
Krisis Air Tiap Kemarau, PDAM Makassar Beri Solusi Terbaik Bagi Masyarakat Daerah Utara Kota
Menanggapi aduan warga dan pelanggan yang merasakan minimnya pasokan air bersih setiap musim kemarau tiba, Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar memb...
Politik17 Oktober 2024 17:39
Siap-siap, Seto Wali Kota Makassar Maka Guru Mengaji Hingga Imam Masjid Dapat Insentif Bulanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi (Seto-Rezki)...
Sulsel17 Oktober 2024 17:31
Bupati Gowa dan Istri Fashion Show di Hari Jadi Sulsel Ke-355 Tahun
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan ikut memeriahkan rangkaian Hari Jadi Sulaw...
Makassar17 Oktober 2024 17:22
Beredar Surat Pengangkatan Irwan Adnan “Pakintaki” Sebagai Pj Sekda Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Beredar surat pengangkatan mantan bakal calon Wali Kota Makassar Irwan Rusfiady Adnan yang dikenal dengan slogannya ̶...