Logo Sulselsatu

Bantu Ketahanan Pangan Panti Asuhan, Yayasan Hadji Kalla Bersama Greenfluencer Programkan Budidaya Hidroponik

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 04 Juli 2022 20:50

Edukasi budidaya hidroponik di Panti Asuhan Assalam oleh Yayasan Hadji Kalla dan Greefluencer Indonesia / dokumen: Yayasan Hadji Kalla
Edukasi budidaya hidroponik di Panti Asuhan Assalam oleh Yayasan Hadji Kalla dan Greefluencer Indonesia / dokumen: Yayasan Hadji Kalla

SULSELSATU.com, MAKASSARYayasan Hadji Kalla (YHK) bekerja sama Greenfluencer Indonesia menggelar program edukasi sistem hidroponik di Panti Asuhan Assalam, Kecamatan Rappocini.

Kegiatan ini digelar dalam bentuk workshop dan pendampingan dengan tema ‘Pangan Sehat Panti Berdaya’.

Ketua Komunitas Greenfluencer Indonesia, Muhammad Fajar, menjelaskan, program edukasi dan bantuan pembuatan hidroponik untuk panti asuhan ini akan berfungsi sebagai sumber pangan dan gizi mandiri untuk anak-anak yang ada di panti asuhan.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Jadi Tuan Rumah Peluncurkan PFI Chapter Makassar

Lebih lanjut, Fajar menilai budidaya hidroponik dipilih karena hemat tempat, rendah biaya, panen cepat dan tentunya ramah lingkungan yang bisa dikelola oleh semua orang yang ada di panti asuhan.

“Program ini diharapkan tidak hanya mendukung ketersediaan, akses dan konsumsi gizi makanan, tetapi juga dapat menghasilkan atau meningkatkan kemandirian panti asuhan. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang telah mendukung program ini,” jelas Fajar, Senin, (4/7/2022).

Fajar menjelaskan, secara umum, tujuan program tersebut ialah untuk meningkatkan ketahanan pangan warga panti asuhan. Kemudian, secara khusus, program ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pangan yang bisa dihasilkan melalui cara hidroponik.

Baca Juga : Jusuf Kalla Saksikan Yayasan Hadji Kalla Beri Bantuan untuk Masjid Kubah 99 Makassar

Sementara itu, Penanggung Jawab Prgram CSR YHK, Kurniawan Jaya menjelaskan, penerima manfaat dalam program ini cukup banyak dan memberikan dampak jangka panjang bagi warga panti asuhan dan para pendamping. Ia pun yakin program ini dapat berkelanjutan.

“Anak-anak bisa belajar apa itu hidroponik, cara membuat dan menghasilkan sayur dengan mudah. Mungkin saja nanti kalau hasilnya bisa lebih, maka bisa dijual juga, haslinya bisa dinikmati oleh anak-anak panti asuhan di sini. Itulah kenapa komunitas Greenfluencer ini dipilih untuk kita bantu.” pungkasnya.

Kurniawan melanjutkan bahwa YHK melalui program Aktif Positif selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu organisasi, komunitas, lembaga hingga instansi. Tujuannya ialah untuk menciptakan berbagai inisiasi kegiatan sosial yang membawa kebermanfaatan.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Raih Penghargaan Brand Terpopuler Kategori Lembaga Filantropi 2024

Salah seorang pembina di Panti Asuhan Assalam, Ifah, mengapresiasi Greenfluencer dan YHK karena panti yang dibimbing bisa dipilih dalam program ini.

“Kami berharap lewat bantuan peralatan hidroponik ini, anak-anak binaannya bisa belajar dan lebih mandiri untuk menghasilkan pangan sehat yang bermanfaat bagi semua,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:51
Appi-Aliyah Diserang Black Campaign, Tim Hukum Akan Lapor ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang satu bulan pemilihan Wali Kota dan wakil Wali Kota Makassar 2024 untuk pilkada serentak. Pasangan calon (Pa...
OPD24 Oktober 2024 12:38
4 Pimpinan DPRD Makassar 2024-2029 Resmi Dilantik, Supratman Ketua
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrullah, meresmikan pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (...
Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...