Logo Sulselsatu

Bupati Lutim Sebut PT Vale Punya Andil Dorong Kemandirian Masyarakat di Sektor Pertanian

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 14 Juli 2022 14:45

Bupati Lutim bersama Direktur External Relations PT Vale melakukan pengoperasian perdana mesin combine untuk memanen padi milik salah satu kelompok tani binaan di lahan seluas 3 hektar (dokumen: PT Vale)
Bupati Lutim bersama Direktur External Relations PT Vale melakukan pengoperasian perdana mesin combine untuk memanen padi milik salah satu kelompok tani binaan di lahan seluas 3 hektar (dokumen: PT Vale)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bupati Luwu Timur, Budiman menyampaikan apresiasinya pada manajemen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) yang senantiasa ambil bagian dalam mendorong kemandirian masyarakat terutama di sektor pertanian di Bumi Batara Guru.

Apresiasinya disampaikan Budiman saat menerima alat mesin pertanian (Alsintan) berupa dua unit mesin combine dan empat unit hand tractor dari Program Pengembangan Kawasan Desa Mandiri (PKPM) PT Vale, di Kawasan Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kecamatan Malili. Penyerahan bertempat di Persawahan Dusun Hulupadang Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Rabu (13/07/2022) kemarin.

“Terima kasih banyak manajemen PT Vale yang telah menyerahkan bantuan combine. Bantuan ini bukan barang murah, ini mahal, dan pemeliharaannya juga butuh waktu. Aset ini harus kita manfaatkan dengan baik. Karena 80 persen masyarakat Luwu Timur bergerak di sektor pertanian,” ujarnya.

Baca Juga : Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan

Budiman menuturkan, di tengah isu krisis pangan dunia, dampak dari global warming, perang dan juga covid-19, sektor pertanian di Luwu Timur masih termasuk ke dalam kategori surplus. Untuk itu, pihaknya bersama PT Vale mewujudkan harapan masyarakat dengan memberikan bantuan combine dan hand tractor.

Bupati menyampaikan agar desa yang masuk dalam wilayah pemberdayaan PT Vale untuk senantiasa bisa memajukan desanya.

Kepala Desa Pongkeru, Aksan menyampaikan terima kasihnya kepada PT Vale atas bantuan Alsintan di desanya.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

“Terima kasih PT Vale yang terus mendorong sektor pertanian dan menyelesaikan masalah-masalah pertanian yang ada di sini. Salah satunya adalah hand tractor ini yang betul-betul ditunggu oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur External Relations PT Vale Indonesia Tbk, Endra Kusuma menjelaskan, Program ini hadir dalam rangka mendorong kemandirian ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Luwu Timur melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale Indonesia Tbk.

PT Vale telah menyerahkan bantuan sebanyak 45 Alsintan sejak tahun 2018 hingga 2022. Alsintan tersebut terdiri dari 16 mesin combine dan 29 mesin hand tractor yang tersebar di 10 kawasan wilayah pemberdayaan PT Vale.

Baca Juga : Pionir Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia Raih Terobosan Peringkat Risiko ESG Menengah

“Sebagai Kawasan penunjang pertanian, perkebunan dan peternakan, Desa Pongkeru dan Desa Laskap mendapatkan bantuan berupa dua unit mesin combine, empat unit mesin hand tractor, dan bangunan jaringan irigasi perpipaan sepanjang 4.200 meter dari PT Vale,” jelasnya.

Endra Kusuma menjelaskan bahwa kawasan penunjang pertanian, perkebunan dan peternakan di kecamatan Malili merupakan kawasan ke-10 yang terakhir difasilitasi Pemda dan PT Vale menjadi kawasan Pengembangan untuk program PKPM adalah Desa Laskap dan Desa Pongkeru dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 11 Kelompok Tani.

Untuk itu, Endra berharap bantuan yang diberikan bisa berkontribusi untuk mendorong kemajuan sektor pertanian di Luwu Timur.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

“Semoga mesin combine dan handtractor ini dapat memberi manfaat untuk kelompok tani dan masyarakat di sini, dan mampu meningkatkan perekonomian desa maupun daerah. Kami berharap alat pertanian ini bisa dirawat sebaik mungkin dan dimaksimalkan kebermanfaatannya,” harap Endra.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...