Logo Sulselsatu

PT Vale Latih Keterampilan Menjahit Perempuan di Area Pemberdayaan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 24 Juli 2022 19:03

PT Vale Latih perempuan di area penberdayaan keterampilan menjahit (dokumen: PT Vale)
PT Vale Latih perempuan di area penberdayaan keterampilan menjahit (dokumen: PT Vale)

SULSELSATU.com – Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk bertujuan tumbuh dan memandirikan masyarakat.

PPM PT Vale kini memberikan pelatihan keterampilan menjahit di Desa Bahomotefe, Kecamatan Bungku Timur, Morowali, Sulawesi Tengah. Pelatihan menjahit diikuti 14 orang perempuan dengan dua orang instruktur yang merupakan warga asli Bahomotefe.

Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Bahomotefe, Ferdianto mengatakan, program yang digagas PT Vale sangat bagus, karena memberikan manfaat nyata bagi masyarakat khususnya kaum perempuan.

Baca Juga : Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan

“Program ini memang bagus, dan dapat memberi manfaat nyata bagi masyarakat. Para peserta yang ikut rata-rata ibu rumah tangga. Pelatihan ini memberi peluang untuk membuat mereka mandiri dan bisa menjadi sumber wirausaha,” jelasnya dalam rilis PT Vale yang diterima Sulselsatu.com, Minggu, (23/7/2022).

Sementara itu, Umma, salah seorang peserta pelatihan mengaku antusias mengikuti program ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, menambah keterampilan menjahit dan pengetahuan,” jelasnya.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

Senior Manager External Relations PT Vale, Asriani Amiruddin mengapresiasi sambutan positif kepala BPD dan peserta pelatihan yang berasal dari desa Bahomatefe.

Dia menuturkan, pelatihan ini diharapkan bisa menambah skill perempuan sehingga ke depannya mereka bisa mandiri menciptakan mata pencaharian dan lapangan kerja baru.

Untuk itu, Asriani menyebutkan, program PPM ke depan akan lebih banyak kepada capacity building seperti pelatihan yang dilakukan di Desa Bahomatefe.

Baca Juga : Pionir Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia Raih Terobosan Peringkat Risiko ESG Menengah

pelatihan menjahit diisi dengan wawasan umum mengenai tekstil, dan praktik teknik menjahit dasar hingga menengah. Para peserta langsung praktik, karena disediakan mesin jahit listrik di lokasi pelatihan.

Seperti program-program sosial PT Vale lainnya, pelatihan menjahit ini juga berkolaborasi dengan pemangku kepentingan setempat, yakni pihak desa, kecamatan hingga kelompok PKK.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum24 Oktober 2024 17:22
Mulia Resmi Laporkan 2 Oknum Penyebar Video Black Campaign ke Bawaslu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim hukum Pasangan Calon nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Mulia) resmi melaporkan 2 orang oknum y...
Politik24 Oktober 2024 17:17
Kunjungi Dua Lokasi, dr Ulfah-MHG Komitmen Wujudkan Layanan Seragam Sekolah dan BPJS Gratis
SULSELSATU.com, BARRU – Program bantuan yang ditawarkan pasangan calon dokter Ulfah-MHG menjadi daya tarik dalam perhelatan kontestasi Pilkada 2...
Sulsel24 Oktober 2024 17:17
DPRD Luwu Timur Gelar Reses Perseorangan untuk Jaring Aspirasi Masyarakat
SULSELSATU.com – Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu Timur mengumumkan rencana pelaksanaan reses perseorangan yang akan digelar oleh pimpinan dan anggot...
Adventorial24 Oktober 2024 17:06
Perkuat Pengendalian TBC-HIV/AIDS, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, m...