Logo Sulselsatu

Tingkatkan Digitalisai Keuangan Sulsel, 22 Pemda Sudah Tuangkan Roadmap TP2DD dalam SK Kepala Daerah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 25 Juli 2022 19:32

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Causa Iman Karana audiensi ke Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Senin, 25 Juli 2022 (dokumen: ist).
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Causa Iman Karana audiensi ke Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Senin, 25 Juli 2022 (dokumen: ist).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel, Causa Iman Karana audiensi ke Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Senin, (25/7/2022).

“Kita Support kegiatan Bank Indonesia untuk mendorong kegiatan ekonomi syariah di Sulsel. Peranan Sulsel penting, berbagai kegiatan juga di tempatkan di sini,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Salah satukegiatan yang akan dilakukan dalam dekat ini adalah Festival Ekonomi Syariah 2022 untuk Kawasan Timur Indonesia pada tanggal 28-30 Juli 2022.

Baca Juga : Rakor Pemda dan Regulator Ekonomi Keuangan se-Sulsel Hasilkan Rekomendasi Percepatan Hilirisasi Sektor Perikanan

“Kita kembali dipercaya sebagai tuan rumah. Kegiatan ini bagaimana mendorong ekonomi syariah di Indonesia. Agar kita dapat menjadi pusat ekonomi syariah dunia,” kata Causa Iman.

Ia juga meminta agar kegiatan digitalisasi keuangan Sulsel, termasuk bagi UMKM juga semakin ditingkatkan.

Sementara itu, implementasi elektronifikasi Pemerintah Daerah (Pemda), direncanakan akan dilakukan high level meeting terkait Monitoring dan Evaluasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (MONEV TP2DD) pada bulan Agustus 2022.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Causa menyampaikan, per 25 Juli 2022 di Sulsel sudah ada 11 Pemda yang sudah masuk dalam kategori digital. Kemudian 22 Pemda telah menuangkan Roadmap TP2DD dalam SK Kepala Daerah.

“Kita diarahkan Presiden, kemudian diturunkan ke Mendagri, bahwa seluruh daerah didorong kegiatan keuangannya menjadi digital,” jelasnya.(*)

Selanjutnya, BI dan Pemprov mendorong pembentukan Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS). BI juga mendorong digitalisasi kotak amal/infaq melalui kanal pembayaran QRIS.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Bank Indonesia Sulsel Sasar Lima Pulau 3T Kepulauan Selayar

Hingga saat ini, masjid yang sudah menerapkan QRIS pada kotak amal/infaq sekitar 2.000-an masjid di Sulsel.

“Di Sulsel selanjutnya kita dorong menjadi 3.000an masjid,” sebutnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama23 Oktober 2024 12:55
Tim Resmob Polres Jeneponto Berhasil Ungkap Kasus Jambret yang Meresahkan Masyarakat
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Resmob Satreskrim Polres Jeneponto berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (jambret) yang meresah...
Berita Utama23 Oktober 2024 12:39
Komposisi AKD Resmi Ditetapkan, Rudianto Lallo Duduki Komisi III DPR RI
SULSELSATU.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) melalui Paripurna ke-V Masa P...
Ekonomi23 Oktober 2024 10:52
Keripik Pisang Bakauheni Melesat, Berkat Dukungan Pemberdayaan BRI
SULSELSATU.com, BAKAUHENI – UMKM di Bakauheni, Lampung, kini merasakan dampak positif dari program pemberdayaan BRI. Salah satu contoh nyata adalah ...
Politik23 Oktober 2024 10:20
Ketua Yayasan Almunawwarah Tegaskan Kualitas dr Ulfah-MHG: “Siap Menangkan di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Di tengah terpaan isu miring yang ditujukan ke Paslon 2 dokter Ulfah-MHG, tak membuat dukungannya melemah. Sebaliknya ju...