Logo Sulselsatu

Jaringan Komunitas Nelayan Sulsel Semakin Luas, Dukungan Ganjar Pranowo Bertambah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 18 Agustus 2022 18:00

Jaringan Komunitas Nelayan Sulsel semakin luas ke Kabupaten Maros (dokumen: ist)
Jaringan Komunitas Nelayan Sulsel semakin luas ke Kabupaten Maros (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAROS – Jaringan Komunitas Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) pendukung Ganjar Pranowo terus melebarkan sayap. Kini hadir di desa Bonto Bahari, Kabupaten Maros. Deklarasi pendirian dihadiri ratusan nelayan dan petani tambak setempat serta tokoh masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung di Dermaga Sabana ini juga diisi dengan diskusi serta santunan sembako. Jaringan Nelayan Pesisir Sulsel diinisiasi pembentukannya oleh para relawan ‘Ganjar Pranowo Presiden 2024’.

Tujuannya, untuk meningkatkan produktivitas dan pemberdayaan para nelayan di kawasan pesisir Sulawesi Selatan. Sejak pendiriannya, jaringan relawan ini telah memberikan berbagai bantuan dan dukungan kepada nelayan di beberapa desa nelayan di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Barru serta Maros.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Unggul dalam Hitung Cepat Pilpres 2024, Akan Satu Putaran?

Sekjen Relawan Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan, Firmansyah mengatakan, pemberdayaan nelayan sangat penting untuk perbaikan perekonomian Nasional.

Tercatat, saat ini nelayan hidup di bawah garis kemiskinan sebesar 11,34 persen (Susenas, 2017). Pemberdayaan kaum nelayan berarti pengentasan kemiskinan langsung ke kantong-kantong komunitasnya.

Jalan pemberdayaannya sengaja mengadopsi metode serta program yang selama ini dilakukan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, karena terbukti berhasil.

Baca Juga : VIDEO: Ganjar Pranowo Hadir Kampanye Akbar Besok di Makassar

“Inisiatif kita di sini atas dasar apa yang dilakukan Pak Ganjar di Jawa Tengah terhadap petani dan nelayan. Ada pemberdayaan melalui peningkatan kapasitas sumberdaya, peralatan, asuransi dan pemasaran. Serta juga ada berupa bantuan langsung kepada nelayan pesisir, petani tambak dan lain-lain,” ujarnya pada Kamis, (18/08/2022).

Saat melakukan konsolidasi dengan setiap nelayan di pesisir Sulsel, Jaringan Nelayan Sulsel banyak mendapatkan pengalaman dan umpan balik karena interaksi langsung kondisi di lapangan.

“Kami banyak mendapatkan pengetahuan baru yang mendorong kami untuk terus semangat dan berkomitmen mendorong sektor perikanan untuk maju, apalagi Indonesia ini kan negara maritim, potensi perikanan pasti tinggi,” ujarnya.

Baca Juga : Puluhan Komunitas Relawan Prabowo-Gibran se-Sulsel Berkumpul Susun Program Andalan

Dengan dukungan jaringan ini terhadap nelayan, Firmansyah yakin bisa membangkitkan semangat kemajuan para nelayan sekaligus lebih mendekatkan sosok Ganjar Pranowo secara lebih luas di Sulsel.

“Melalui pendekatan kepada nelayan di pesisir dengan berbagai program yang bersifat interaktif dan juga bantuan langsung untuk menunjang produktivitas sembari mengenalkan profile dan program Ganjar, saya optimis aspirasi ‘Ganjar Presiden 2024’ akan semakin menguat di Sulsel,” tambahnya.

Firmansyah juga menyampaikan do’a dan harapan Jaringan Nelayan Pesisir Sulsel agar Ganjar dapat menjadi Presiden 2024 mendatang.

Baca Juga : AMIN Optimis Masuk Putaran Kedua Pilpres, Ramli Rahin Sebut Prabowo-Gibran Hasil Surveinya Stagnan

“Saya harap beliau bisa memenangi pemilu mendatang dan membawa program strategis nasional yang pro terhadap rakyat kecil, khususnya nelayan,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Oktober 2024 17:22
Beredar Surat Pengangkatan Irwan Adnan “Pakintaki” Sebagai Pj Sekda Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Beredar surat pengangkatan mantan bakal calon Wali Kota Makassar Irwan Rusfiady Adnan yang dikenal dengan slogannya ̶...
Video17 Oktober 2024 16:33
VIDEO: Presiden Jokowi Ungkap Arti Nama Cucu Keenam: Bebingah San Tansahayu
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo menjenguk cucu keenamnya dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Rabu (16/10) malam kemarin. Dalam kesempa...
Politik17 Oktober 2024 16:29
Debat Pertama Pilgub Sulsel Dijadwalkan 28 Oktober, Begini Persiapan KPU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner KPU Sulawesi Selatan, Hasruddin Husan, mengumumkan bahwa pelaksanaan debat calon gubernur dan wakil gubern...
Hukum17 Oktober 2024 16:10
Tiga Komisioner KPU Palopo Ikut Tersangka Kasus Pemalsuan Ijazah Bersama Trisal Tahir
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gakumdu Palopo menetapkan Calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan ijazah...