Logo Sulselsatu

Ditemukan Suspek Cacar Monyet, Simak Imbauan Dinkes Kota Makassar Agar Tidak Tertular

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 24 Agustus 2022 17:52

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin (Sulselsatu Jahir Majid)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin (Sulselsatu Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menunggu hasil laboratorium sampel darah dua pasien yang dicurigai mengidap penyakit cacar monyet.

“Sudah dikirim sampelnya, yang satu warga Maros tapi domisili Antang, satu lagi warga Kassi-Kassi,” kata Kepala Dinkes Makassar, Nursaidah Sirajuddin, Rabu (24/8/2022).

Mereka saat ini menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit berbeda, yakni RS Pendidikan Universitas Hasanuddin dan RS Labuang Baji.

Baca Juga : Dinkes Pastikan Cacar Monyet Belum Masuk di Wilayah Kota Makassar

“Terkait dengan dia memang kalau masih ada yang dinyatakan terkonfirmasi pastinya kita masukkan di rumah sakit untuk isolasi. Karena memang ini perlu isolasi dan ini seperti cacar air gejalanya,” jelasnya.

Masyarakat diminta menghindari kontak langsung dengan hewan agar tidak tertular. Selain itu, selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan.

“Diharapkan kepada semua masyarakat untuk memaksimalkan PHBS dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan kontak dengan binatang bila binatang tersebut tidak diketahui status kesehatannya,” sambungnya.

Baca Juga : Unicef dan Dinkes Makassar Inisiasi Program My Village My Home

Nursaidah juga mengimbau warga terutama jika mengalami gejala seperti demam disertai ruam, untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan setempat.

“Seperti kontak dengan tikus, kontak dengan kucing, dan sebagainya. Walaupun cacar monyet ini berasal dari monyet. Bagaimana masyarakat bila ada gejala demam, segera memeriksakan diri ke puskesmas sebagai penanganan tercepat,” katanya.

Dinkes Makassar juga berupaya mencegah penularan penyakit cacar monyet. Salah satunya menjalin kerja sama dengan otoritas pelabuhan dan bandara.

Baca Juga : Usaha Dinkes Kota Makassar Tingkatkan Imunisasi Anak Antar Wali Kota Makassar Raih Penghatgaan BIAN 2022

“Kita perketat arus keluar masuk bandara dengan pelabuhan.Yang kedua bagaimana SKDR di semua Puskesmas kita tingkatan itu sistem kewaspadaan dini dan respon,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis24 Oktober 2024 16:26
Kalla Toyota Hadirkan Konsep Baru Empat Dealer di Sulsel
Kalla Toyota baru saja melakukan refreshment tampilan beberapa dealernya dengan mengusung konsep pengalaman yang menyenangkan....
Politik24 Oktober 2024 15:15
Kampanye di Bara-baraya, Ini Janji Amri Arsyid Jika Terpilih Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid menemui warga Kelurahan Bara-Baraya Induk, Kecamatan Makassar,...
OPD24 Oktober 2024 15:06
Cicu dan Appi Harap Pimpinan DPRD Makassar Baru Adaptif dalam Kebijakan Pusat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Empat pimpinan definitif DPRD Kota Makassar periode 2024-2029 resmi diambil sumpahnya pada Kamis (24/10/2024). Ketua ...
Politik24 Oktober 2024 15:03
Pelantikan Pimpinan DPRD, Pjs Wali Kota Makassar Harap Perkuat Sinergitas
SULSELSATU.com, MAKASSAR — Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik...