Logo Sulselsatu

Pasar Berjalan Tettere’ Pemkot Makassar Akan Launching di HUT Kota Makassar ke-415

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 12 Oktober 2022 17:31

Miniatur pasar berjalan Tettere Pemkot Makassar (dokumen: ist)
Miniatur pasar berjalan Tettere Pemkot Makassar (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan meluncurkan trobosan baru pada Hari Ulang Tahun ke-415 Makassar. Inovasi tersebut adalah pasar berjalan dengan menggunakan kendaraan motor listrik yang disebut Tettere’.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Sri Sulsilawati menjelaskan, saat ini Tettere’ telah dipersiapkan untuk dilaunching nanti.

“Saat ini sementara dalam proses pembuatan. Kami berharap sudah rampung sebelum hari jadi Kota Makassar agar bisa dilaunching,” ungkap Sri, Rabu, (12/10/2022).

Baca Juga : Pemkot Makassar Bersama PCNU Jadikan Hari Santri Sebagai Bentuk Simpati Satu Tahun Agresi Israel ke Palestina

Dia juga mengungkapkan, bahwa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2022, pihaknya merancang lima unit prototipe Tettere’.

Kata dia, Tettere’ dibuat menggunakan mesin kendaraan yang sudah bersertifikasi. Pihaknya tinggal mendesain sesuai peruntukannya.

Rencananya, setelah prototipe rampung dan sudah diluncurkan, pada 2023 mendatang. Pemkot Makassar akan memproduksi secara massal untuk digunakan sebagai alat berjualan.

Baca Juga : Piala Adipura, Pemkot Makassar Fokus Benahi TPA

Tahap awal, akan diproduksi 153 unit. Setiap kelurahan akan mendapat satu unit. Selanjutnya akan dibuat kembali sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, bodi kendaraan listrik itu akan dirancang dengan kompartemen sebagai tempat barang jualan.

Untuk diketahui, Tettere’ merupakan pasar berjalan yang akan melayani kebutuhan masyarakat secara door to door menggunakan motor listrik.

Para pa’gandeng (pedagang yang berjualan keliling) menggunakan sarana transportasi ini nantinya bisa menjajakan dagangannya dari lorong ke lorong.

Baca Juga : Cetak Sejarah Baru, Pemkot Makassar Raih Juara 1 Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Nasional

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan pihaknya akan menyiapkan sekitar 1000 unit Tettere’. Danny menegaskan beroperasinya Tettere’ tidak akan mematikan pasar-pasar ritel yang sudah ada seperti Indomaret, Alfa Mart dan Alfamidi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi23 Oktober 2024 10:52
Keripik Pisang Bakauheni Melesat, Berkat Dukungan Pemberdayaan BRI
SULSELSATU.com, BAKAUHENI – UMKM di Bakauheni, Lampung, kini merasakan dampak positif dari program pemberdayaan BRI. Salah satu contoh nyata adalah ...
Politik23 Oktober 2024 10:20
Ketua Yayasan Almunawwarah Tegaskan Kualitas dr Ulfah-MHG: “Siap Menangkan di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Di tengah terpaan isu miring yang ditujukan ke Paslon 2 dokter Ulfah-MHG, tak membuat dukungannya melemah. Sebaliknya ju...
Aneka23 Oktober 2024 10:00
Member Komunitas Toyota Makin Untung dengan Kartu Tanda Anggota
Komunitas otomotif Toyota Owners Club (TOC) Celebes Kalla Toyota mengumumkan peluncuran program Kartu Tanda Anggota komunitas TOC...
Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...