Pasar Berjalan Tettere’ Pemkot Makassar Akan Launching di HUT Kota Makassar ke-415

Pasar Berjalan Tettere’ Pemkot Makassar Akan Launching di HUT Kota Makassar ke-415

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan meluncurkan trobosan baru pada Hari Ulang Tahun ke-415 Makassar. Inovasi tersebut adalah pasar berjalan dengan menggunakan kendaraan motor listrik yang disebut Tettere’.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Sri Sulsilawati menjelaskan, saat ini Tettere’ telah dipersiapkan untuk dilaunching nanti.

“Saat ini sementara dalam proses pembuatan. Kami berharap sudah rampung sebelum hari jadi Kota Makassar agar bisa dilaunching,” ungkap Sri, Rabu, (12/10/2022).

Dia juga mengungkapkan, bahwa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2022, pihaknya merancang lima unit prototipe Tettere’.

Kata dia, Tettere’ dibuat menggunakan mesin kendaraan yang sudah bersertifikasi. Pihaknya tinggal mendesain sesuai peruntukannya.

Rencananya, setelah prototipe rampung dan sudah diluncurkan, pada 2023 mendatang. Pemkot Makassar akan memproduksi secara massal untuk digunakan sebagai alat berjualan.

Tahap awal, akan diproduksi 153 unit. Setiap kelurahan akan mendapat satu unit. Selanjutnya akan dibuat kembali sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, bodi kendaraan listrik itu akan dirancang dengan kompartemen sebagai tempat barang jualan.

Untuk diketahui, Tettere’ merupakan pasar berjalan yang akan melayani kebutuhan masyarakat secara door to door menggunakan motor listrik.

Para pa’gandeng (pedagang yang berjualan keliling) menggunakan sarana transportasi ini nantinya bisa menjajakan dagangannya dari lorong ke lorong.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan pihaknya akan menyiapkan sekitar 1000 unit tettere’. Danny menegaskan beroperasinya Tettere’ tidak akan mematikan pasar-pasar ritel yang sudah ada seperti Indomaret, Alfa Mart dan Alfamidi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga