Logo Sulselsatu

Hasil Survei Integritas Ide Celebes: 3 Sosok Capres Ini Paling Disenangi Masyarakat Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 14 Oktober 2022 17:29

Konferensi politik masyarakat Sulsel menuju Pilpres 2024 mendatang (dokumen: ist)
Konferensi politik masyarakat Sulsel menuju Pilpres 2024 mendatang (dokumen: ist)

SULSELSATU com, MAKASSAR – Lembaga riset dan survei, Integritas Ide Celebes (IIC) merilis hasil survei sosok calon presiden (capres)2022 pada bulan Oktober 2022.

IIC mengungkap sikap pemilih di Sulawesi Selatan (Sulsel) terhadap kandidat capres 2024 didominasi oleh tiga nama yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Elektabilitas tertinggi dengan persentase 30,9 persen dimiliki Prabowo Subianto, disusul Anies Baswedan 21,8 persen, dan Ganjar Pranowo 11,6 persen.

Baca Juga : VIDEO: Soal Dukungannya di Pilkada Jakarta, Anies Baswedan: Jangan Buru-buru

Direktur IIC, Akbar Najemuddin menjelaskan, elektabilitas Prabowo Subianto jika dibandingkan perolehan suara pada Pemilu 2019 Lalu mengalami penurunan.

“Munculnya kandidat capres pendatang baru seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, membuat irisan bagi pemilih Prabowo pada pemilu lalu,” jelas Akbar sapaannya, Jumat, (14/10/2022).

Menurutnya, penurunan suara Prabowo, disebabkan karena terjadinya pergeseran pemilih Prabowo ke Anies Baswedan. Dimana pada pemilu 2019, Anies merupakan bagian dari tim pemenangan Prabowo.

Baca Juga : VIDEO: Ganjar Pranowo Hadir Kampanye Akbar Besok di Makassar

Sementara suara Ganjar Pranowo diuntungkan dari dukungan pemilih Jokowi pada 2019 lalu.

“Disebabkan Ganjar adalah tim pemenangan Jokowi pada pemilu lalu dan berada pada partai yang sama,” ungkap Akbar, yang juga sebagai mahasiswa Ilmu Politik Pascasarjana Unhas.

IIC juga menemukan pemilih yang belum menetukan pilihan (swing voters) masih terbilang tinggi sebesar 21 persen. Kata Akbar, sosialisasi kandidat capres belum terlalu massif dan belum adanya kepastian capres yang resmi ditetapkan KPU.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bertemu dengan Raja Dangdut Rhoma Irama

Olehnya itu, elektabilitas ketiga kandidat capres masih berpeluang mengalami perubahan. Lemahnya konsistensi dan kemantapan pemilih dalam menetapkan pilihannya terhadap kandidat capres masih cukup besar yakni 48,7 persen.

“Data ini menunjukkan bahwa arah dukungan pemilih masih dapat berubah, ini menjadi peluang pertarungan di Sulsel,” kata Akbar.

Selain sikap pemilih terhadap kandidat capres 2024, IIC juga menerbitkan sikap pemilih terhadap partai politik. Partai Golkar, Gerindra dan NasDem berada pada posisi 3 teratas. Elektabilitas yaitu 21 persen Golkar, Gerindra 17,7 persen, dan NasDem 15,3 persen.

Baca Juga : Beredar Video Jemput Anies Saat Kampanye di Bone dan Barru, Nurdin Halid: Itu Hoaks

Menyusul partai Demokrat 6,5 persen, PDIP 5,9 persen, PKS 5,9 persen, serta PAN, PPP, PERINDO dan PKB berada di bawah 2 persen. “Tingginya elektabilitas partai di Sulsel dipengaruhi oleh figur/tokoh partai,” ungkap Akbar.

Sementara itu, arah dukungan masyarakat Sulsel kepada capres juga dipengaruhi persoalan ekonomi yang masih tinggi. Integritas Ide Celebes mengungkapkan tingginya harapan masyarakat akan kesejahteraan (49,2 persen) dan yang berharap terbukanya lapangan kerja (25,7 persen).

Survei sikap pemilih Sulsel terhadap kandidat capres 2024 ini dilaksanakan oleh lembaga survei IIC pada tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan 5 Oktober 2022. Sebanyak 600 responden yang tersebar secara proporsional di 24 kabupaten/kota. Metode wawancara yang digunakan adalah tatap muka.

Baca Juga : Kampanye di Berbagai Kota, Anies Banyak Alami Insiden, Mulai dari Ditampar Hingga Kacamata Pecah

Metode penelitian yang digunakan multistage random sampling dengan margin of eror kurang lebih 3,8 persen. Kendali mutu pada survei ini dilakukan secara berlapis, mulai dari pengumpulan data, spotcheck lapangan, validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data. Sementara tim peneliti yang melakukan wawancara tatap muka berasal dari mahasiswa, peneliti yang berpengalaman berjumlah 40 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi23 Oktober 2024 10:52
Keripik Pisang Bakauheni Melesat, Berkat Dukungan Pemberdayaan BRI
SULSELSATU.com, BAKAUHENI – UMKM di Bakauheni, Lampung, kini merasakan dampak positif dari program pemberdayaan BRI. Salah satu contoh nyata adalah ...
Politik23 Oktober 2024 10:20
Ketua Yayasan Almunawwarah Tegaskan Kualitas dr Ulfah-MHG: “Siap Menangkan di Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – Di tengah terpaan isu miring yang ditujukan ke Paslon 2 dokter Ulfah-MHG, tak membuat dukungannya melemah. Sebaliknya ju...
Aneka23 Oktober 2024 10:00
Member Komunitas Toyota Makin Untung dengan Kartu Tanda Anggota
Komunitas otomotif Toyota Owners Club (TOC) Celebes Kalla Toyota mengumumkan peluncuran program Kartu Tanda Anggota komunitas TOC...
Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...