Logo Sulselsatu

Call Kapal dan Penumpang Diprediksi Tumbuh Lebih 100 Persen Saat Nataru, Pelindo Regional 4 Lakukan Tujuh Langkah Persiapan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 21 Desember 2022 16:34

Jumpa media Pelindo Regional 4 bahas persiapan menjelang Nataru (Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com)
Jumpa media Pelindo Regional 4 bahas persiapan menjelang Nataru (Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi arus kunjungan kapal penumpang pada H-15 hingga H+15 Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Prediksi sebanyak 1.005 call kapal, naik 104 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis mengatakan, periode yang sama tahun lalu arus kunjungan kapal penumpang mencapai 967 call.

“Alhamdulillah tahun ini meningkat kurang lebih 104 persen dibandingkan jumlah call kapal Nataru tahun lalu,” kata Enriany dalam jumpa pers dengan sejumlah media di Makassar, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga : Pelindo Group Peduli Masyarakat Sekitar MNP, Buat Akses Jalan Warga Buloa

Dari segi jumlah arus penumpang kapal menurut dia, diprediksi mengalami peningkatan yang kurang lebih mencapai 120 persrn pada H-15 hingga H+15 Nataru kali ini. Di mana kegiatan embarkasi dan debarkasi pada kurun waktu H-15 sampai H+15 Nataru tahun 2021/2022 sebanyak 422.494 orang.

“Diprediksi di Nataru periode yang sama tahun ini akan terjadi peningkatan sebanyak 506.993 orang atau meningkat mencapai kurang lebih 120 persen,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut kata Enriany, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan monitoring kegiatan yang dilakukan sebelum dan sesudah Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 yaitu mulai tanggal 11 Desember 2022 (H-15) sampai dengan 09 Januari 2023 (H+15).

Baca Juga : Pelindo Regional 4 dan Kejati Sulut Teken MoU Tingkatkan Sinergi Pendampingan Hukum

Pihaknya menyiapkan fasilitas pelabuhan, Sumber Daya Manusia (SDM) serta proaktif sebagai bagian dari tim pemantau atau pengendalian angkutan laut selama masa Natal dan Tahun Baru 2023.

“Kami selalu melakukan monitoring pemantauan dan memastikan kelancaran embarkasi debarkasi penumpang di pelabuhan selama satu bulan (H-15 sampai dengan H+15). Juga memonitoring kelancaran pelayanan kapal masuk keluar pelabuhan yang mengangkut barang-barang kebutuhan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.”

Pihaknya juga telah meningkatkan pengawasan atas kelancaran distribusi barang-barang kebutuhan Nataru 2022/2023 serta melakukan persiapan fasilitas dan SDM pada pelaksanaan angkutan laut Nataru Tahun 2022/2023, demi meningkatkan keamanan dan ketertiban khususnya di area pelabuhan.

Baca Juga : Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

Pelindo Regional 4 melakukan tujuh langkah persiapan di masa Nataru. Pertama, memastikan kebersihan dan kondisi fasilitas terminal penumpang siap digunakan untuk pelayanan, menyiapkan posko terpadu untuk pelayanan selama masa liburan nataru mulai tanggal 10 Desember 2022 sampai dengan 9 Januari 2023 bersama dengan stakeholder pelabuhan.

Ketiga adalah berkoordinasi dengan operator kapal penumpang terkait jadwal dan perbaikan yang perlu dilakukan oleh Pelindo selaku operator terminal penumpang, kemudian menyusun tim untuk pelayanan penumpang selama masa nataru, kelima tetap siapkan himbauan dan fasilitas pendukung protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Keenam yang dilakukan adalah menyiapkan fasilitas tenda untuk ruang tunggu penumpang tambahan dan terakhir ketujuh adalah pencatatan dan monitoring realisasi penumpang dan kapal selama Taro pada web mudik.pelindo.co.id.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...