Logo Sulselsatu

WhatsApp Luncurkan Proksi Anti Sabotase, Begini Cara Aktifkan

Hendra
Hendra

Rabu, 11 Januari 2023 12:04

Ilustrasi. (Foto: Int)
Ilustrasi. (Foto: Int)

SULSELSATU.COM, MAKASSAR – WhatsApp meluncurkan dukungan proksi atau proxy bagi para penggunanya.

Dengan demikian, aplikasi WhatsApp bisa digunakan oleh semua orang di seluruh dunia, tanpa terbatas oleh pemblokiran jaringan oleh otoritas tertentu.

Hal ini yang melatari WhatsApp untuk membuka dukungan proksi kepada para penggunanya.

Kasus ini terjadi di Iran, di mana otoritas terkait memblokir jaringan khusus WhatsApp.

“Harapan kami di tahun 2023 adalah tidak ada lagi penutupan jaringan internet. Gangguan seperti yang kita lihat di Iran selama berbulan-bulan telah mengingkari hak asasi manusia dan mengakibatkan hambatan dalam penyampaian bantuan,” bunyi pesan WhatsApp di kanal resminya.

Dengan memilih proksi, Anda dapat terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh relawan dan organisasi di seluruh dunia.

“Meskipun penutupan jaringan ini berlanjut, kami berharap solusi ini akan membantu orang-orang berkomunikasi secara aman dan andal setiap kali mereka membutuhkannya.”

Sebelum membahas fungsinya, sobat harus tahu dulu pengertian proksi ini.

Pengertian proksi

Melansir Hostinger, proksi adalah sebuah sistem yang mengamankan koneksi pengguna ke internet, yang bekerja dengan mengubah alamat IP agar data pribadi pengguna lebih aman saat mengakses sebuah website.

Di era modern seperti saat ini, ketika siapa saja bisa terhubung ke internet, sistem perlindungan yang bisa mengamankan pengguna sangatlah dibutuhkan.

Sebab, ketika perangkat mulai terhubung, server atau ISP bisa memperoleh informasi perangkat beserta lokasi dan informasi pribadi pengguna.

Tentu saja, tidak ada orang yang mau informasi pribadinya tersebar luas, terutama mengingat bahaya yang mengintai jika pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya.

Nah, untuk itu, ada teknologi yang bisa melindungi data pribadi atau identitas kita agar tidak diketahui oleh website atau orang lain, yaitu proxy.

Cara kerja proksi

Proxy server biasanya terletak di antara local computer dan jaringan internet. Tanpa proxy server, informasi dari komputer Anda akan diteruskan melalui router penyedia layanan internet (ISP) lebih dulu, baru kemudian diteruskan ke server situs yang ingin dikunjungi.

Jadi, ketika Anda mengakses sebuah website, permintaan Anda akan dikirimkan ke proxy server untuk diproses.

Kemudian permintaan yang datanya sudah diubah akan diteruskan ke website yang dituju. Dengan begitu, website justru akan melihat alamat IP dari proxy server, bukan alamat IP Anda.

Sebenarnya proxy mirip dengan VPN. Perbedaan proxy dan VPN adalah, VPN mengamankan semua traffic jaringan, sementara proxy hanya bekerja per aplikasi.

Keduanya menyembunyikan IP address Anda, tapi VPN mengalihkan data internet melalui tunnel terenkripsi. Proxy cocok untuk menjelajah internet, namun masih lebih aman menggunakan VPN.

Cara aktifkan proksi WhatsApp

Nah untuk mengaktifkan fitur proksi, pengguna terlebih dahulu memperbaharui aplikasi ke WhatsApp terbaru.

Informasi lengkap untuk menggunakan proksi WhatsApp tersedia di link ini.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Hendrawijaya
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...