Logo Sulselsatu

Punya Usaha di Makassar? Bisa Daftar Dispora UMKM Academy, Pelatihan Kembangkan Bisnis Hingga Cara Dapat Investor

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 20 Januari 2023 21:48

Suasana pelatihan Dispora UMKM Academy 2022 (dokumen: Instagram Dispora Kota Makassar)
Suasana pelatihan Dispora UMKM Academy 2022 (dokumen: Instagram Dispora Kota Makassar)

SULSELSATU.com, MAKASSARDinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar menghadirkan program Dispora UMKM Academy. Dispora UMKM Academy merupakan program pelatihan bagi UMKM yang berdomisili di Kota Makassar.

Dispora UMKM Academy memberikan kesempatan kepada 30 UMKM untuk dibina kemudian mengembangkan bisnis hingga mendapatkan investor. Dispora UMKM Academy memiliki kurikulum khusus yang harus dikuasai oleh UMKM.

Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar Muh Dasysyara Dahyar mengatakan, Dispora menyeleksi UMKM binaan yang terdaftar, kemudian dipilih 30 yang sesuai kriteria.

Baca Juga : KALLA Bawa Pulang Penghargaan Lestari Award 2024 Kategori Good Health & Wellbeing

“Tahun ini akan ada 60 UMKM yang akan dilatih lebih intensif lagi. Kemudian, 30 UMKM yang tahun lalu akan dinaikkan ke level selanjutnya,” katanya kepada Sulselsatu.com, Kamis, (19/1/2023).

Dahyar sapaan akrabnya menjelaskan, lewat Dispora UMKM Academy ini, pelaku usaha ini akan dilatih sesuai kurikulum yang terbagi dalam lima level modul. UMKM yang terpilih akan dilatih dari level terendah hingga mencapai level tertinggi.

Kurikulum dimulai dari level paling bawah yaitu basic. Pelaku usaha ini akan dilatih untuk softskill dan hardskill. Lalu lanjut ke level satu yaitu pelatihan mengidentifikasi target pasar yang tepat, kebutuhan pasar, dan penjualan.

Baca Juga : Mobil Tangki Jadi Bahan Kampanye Paslon Pilwali, Tim Lawyer PDAM Makassar Melapor ke Bawaslu

Kemudian level dua, yaitu pelatihan untuk turn over tinggi, job desk, proporsional nilai pelanggan, pembangunan tim, produksi, dan rantai pasok (bahan baku). Level tiga pelatihan dalam sistem untuk meningkatkan kapasitas dan sistem duplikasi untuk peningkatan skala bisnis.

Lalu, selanjutnya adalah level empat untuk permasalahan bagi pelaku usaha yang tidak tahu melakukan ekspansi. Terakhir level lima pada permasalahan portofolio bisnis untuk mendapatkan investor.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...