Punya Usaha di Makassar? Bisa Daftar Dispora UMKM Academy, Pelatihan Kembangkan Bisnis Hingga Cara Dapat Investor

Punya Usaha di Makassar? Bisa Daftar Dispora UMKM Academy, Pelatihan Kembangkan Bisnis Hingga Cara Dapat Investor

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar menghadirkan program Dispora UMKM Academy. Dispora UMKM Academy merupakan program pelatihan bagi UMKM yang berdomisili di Kota Makassar.

Dispora UMKM Academy memberikan kesempatan kepada 30 UMKM untuk dibina kemudian mengembangkan bisnis hingga mendapatkan investor. Dispora UMKM Academy memiliki kurikulum khusus yang harus dikuasai oleh UMKM.

Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar Muh Dasysyara Dahyar mengatakan, Dispora menyeleksi UMKM binaan yang terdaftar, kemudian dipilih 30 yang sesuai kriteria.

“Tahun ini akan ada 60 UMKM yang akan dilatih lebih intensif lagi. Kemudian, 30 UMKM yang tahun lalu akan dinaikkan ke level selanjutnya,” katanya kepada Sulselsatu.com, Kamis, (19/1/2023).

Dahyar sapaan akrabnya menjelaskan, lewat Dispora UMKM Academy ini, pelaku usaha ini akan dilatih sesuai kurikulum yang terbagi dalam lima level modul. UMKM yang terpilih akan dilatih dari level terendah hingga mencapai level tertinggi.

Kurikulum dimulai dari level paling bawah yaitu basic. Pelaku usaha ini akan dilatih untuk softskill dan hardskill. Lalu lanjut ke level satu yaitu pelatihan mengidentifikasi target pasar yang tepat, kebutuhan pasar, dan penjualan.

Kemudian level dua, yaitu pelatihan untuk turn over tinggi, job desk, proporsional nilai pelanggan, pembangunan tim, produksi, dan rantai pasok (bahan baku). Level tiga pelatihan dalam sistem untuk meningkatkan kapasitas dan sistem duplikasi untuk peningkatan skala bisnis.

Lalu, selanjutnya adalah level empat untuk permasalahan bagi pelaku usaha yang tidak tahu melakukan ekspansi. Terakhir level lima pada permasalahan portofolio bisnis untuk mendapatkan investor.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga