Logo Sulselsatu

Proyek Rentang Irigasi LSS Bumi Karsa Dikunjungi Japan International Cooperation Agency

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 06 Februari 2023 14:18

Japan International Cooperation Agency (JICA) mengunjungi proyek Rentang Irigasi LSS 04 dan 08 Kementerian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (dokumen: istimewa)
Japan International Cooperation Agency (JICA) mengunjungi proyek Rentang Irigasi LSS 04 dan 08 Kementerian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com – Tim Japan International Cooperation Agency (JICA) pada 31 Januari – 1 Februari 2023 mengunjungi proyek Rentang Irigasi LSS 04 dan 08 Kementerian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini pelaksanaan proyek Rentang Irigasi LSS 04 dan 08. Kunjungan diwakili oleh Osawa Toshihide dan Monika Kristiyana.

Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau lebih dikenal dengan nama JICA adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri.

Baca Juga : Bumi Karsa Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan dan Perlengkapan Medis

proyek Modernisasi Irigasi Rentang LSS 04 dan 08 merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan oleh Bumi Karsa dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas pangan nasional.

Proyek yang rencananya rampung pada 2023 ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi saluran meningkatkan kapasitas saluran dan mengoptimalkan distribusi air ke daerah persawahan.

Dalam kunjungan ini, tim JICA juga didampingi oleh beberapa perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung dan pimpinan proyek Bumi Karsa. Dalam kunjungannya Osawa Toshihide selaku Construction Techinal Leader Advisor mengapresiasi pelaksanaan proyek yang telah memasuki progress 80 persen dan diharapkan telah selesai di Agustus 2023 ini.

Baca Juga : Konsisten Jaga Kinerja K3, Bumi Karsa Borong 7 Penghargaan dari Pemprov Sulsel

Daerah Irigasi Rentang sudah mulai dibangun dan dikembangkan sejak zaman Belanda dengan cakupan layanan meliputi tiga kabupaten yakni Majalengka seluas 1.094 Ha, Cirebon seluas 20.571 Ha dan di Indramayu seluas 66.175 Ha, sehingga menjadikan Rentang sebagai DI terbesar kedua setelah DI Jatiluhur.

Kepala Proyek Irigasi Rentang 08 Moh. Isnaini Faqih juga berharap dukungan dari warga dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Agar pekerjaan ini berjalan dengan lancar dan kondusif sehingga dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar,” ujarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...
Ekonomi17 Oktober 2024 20:15
BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia: Dorong Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan
SULSELSATU.com, BOGOR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melanjutkan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan meresmikan Balai Rakyat ...
Politik17 Oktober 2024 19:32
Legislator Makassar Andi Tenri Uji Dampingi Indira Kampanye di Mariso
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3, Indira Yusuf Ismail, menggelar kampanye di Kecamatan Mariso pada Kamis (17/10/...