Perkuat Strategi Pengendalian Inflasi, BI Sulsel Fasilitasi Capacity Building TPID Sulsel 2023

Perkuat Strategi Pengendalian Inflasi, BI Sulsel Fasilitasi Capacity Building TPID Sulsel 2023

SULSELSATU.com – Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) Sulsel menggelar capacity building pada tanggal 1-2 Februari 2023 di DKI Jakarta yang diikuti perwakilan TPID Provinsi dan kabupaten atau kota.

Kegiatan capacity building TPID Sulsel 2023 difasilitasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) yang bertujuan untuk memperkuat strategi pengendalian inflasi daerah dan apresiasi pencapaian TPID Terbaik pada TPID Award 2022 melalui pengembangan kapabilitas penanggung jawab TPID Sulsel.

Selain itu, capacity building juga merupakan langkah koordinasi strategi pengendalian inflasi 2023 melalui studi komparatif dengan TPID DKI Jakarta yang memiliki pengalaman luas dan inovasi beragam dalam pengendalian inflasi.

Berbagai insight dan informasi yang didapatkan selama capacity building menjadi modal penting bagi TPID Sulsel dalam penguatan program pengendalian inflasi guna mengantisipasi berbagai risiko yang diperkirakan masih cukup tinggi di sepanjang tahun 2023.

Kegiatan Capacity Building diawali dengan sharing session bersama TPID DKI Jakarta yang diisi secara langsung oleh Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan DKI Jakarta, Direktur Utama PT. Food Station, Direktur Perkulakan Retail PD Pasar Jaya.

“Beberapa pembahasan utama strategi pengendalian inflasi pertama adalah model Kerja sama Antar Daerah (KAD) dan pengaturan pasokan melalui sinergi BUMD pangan DKI Jakarta (Pasar Jaya, Food Station dan Dharma Jaya), kedua penanganan dampak inflasi melalui subsidi bahan pangan, kemudian mekanisme koordinasi forum TPID,” tulis keterangan resmi Sekretariat TPID Sulsel, Kamis, (9/2/2023).

Pada hari berikutnya, TPID Sulsel melakukan kunjungan lapangan ke PT. Food Station untuk mempelajari secara langsung sentra pengolahan dan distribusi beras dan PD Pasar Jaya untuk mendalami pengelolaan pasar induk terutama untuk komoditas hortikultura.

TPID Sulsel selanjutnya berkunjung ke BAKTI Kominfo yang diterima langsung oleh Direktur LTI BAKTI Kominfo. Pada saat kunjungan ke BAKTI Kominfo, tim TPID Sulsel memahami pentingnya peran kolaborasi Pemerintah Pusat, Daerah dan Penyedia Infrastruktur IT dalam mendorong digitalisasi untuk mendukung kelancaran distribusi bahan pangan sekaligus memperluas akses jaringan internet di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) yang diterima langsung oleh Direktur Corporate Affairs dengan pembahasan utama potensi sinergi keterlibatan toko retail dalam pengendalian inflasi di Sulsel.

Ke depan, TPID Sulsel akan terus berkomitmen dalam berinovasi mengimplementasikan solusi pengendalian inflasi secara lebih komprehensif. Sebagai persiapan menjelang Idul Fitri dan Libur lebaran 2023 nanti, TPID Sulsel termasuk Bank Indonesia akan terus berkolaborasi dengan toko retail untuk mendukung pasar murah dan mendorong keterlibatan UMKM dalam kegiatan pengendalian inflasi sehingga stabilitas harga dapat terus dijaga baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten atau kota.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga