Logo Sulselsatu

Pelindo Regional 4 Gelar Capacity Building Tingkatkan Kualitas dan Usaha Mitra Binaan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 15 Februari 2023 20:07

Capacity building Pelindo Regional 4 Makassar untuk mitra usaha binaan (dokumen: istimewa)
Capacity building Pelindo Regional 4 Makassar untuk mitra usaha binaan (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar capacity building (pelatihan) dengan memberikan pelatihan kepada mitra binaan kelompok rumput laut di Desa Batu Batu, Kelurahan Aeng Batu Batu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Capacity building ini dimaksudkan untuk pengembangan kapasitas demi meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok mitra binaan rumput laut.

Pelatihan ini merupakan salah satu program pemberdayaan UMKM yang fokus dilaksanakan oleh Pelindo Regional 4 melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga : Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis mengatakan, melalui Program TJSL, pihaknya berkomitmen untuk berpartisipasi meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pembinaan UMKM.

“Adapun capacity building atau bantuan pelatihan yang diberikan kepada kelompok rumput laut di Galesong Utara, Takalar ini merupakan program TJSL bidang Pembinaan UMKM,” ujar Enriany melalui rilis yang disampaikan, Rabu (15/2/2023).

Menurut dia, dalam pelaksanaan capacity building tersebut pihaknya bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PMN) yang memberikan pelatihan dengan materi pengolahan makanan dan minuman berupa jus rumput laut, keripik rumput laut, dan sambal atau saus berbahan dasar rumput laut.

Baca Juga : Kredit UMKM di Sulsel Agustus 2024 Capai Rp61,09 Triliun

Sebelumnya, ia menjelaskan kelompok rumput laut yang diberikan pelatihan merupakan kelompok yang telah cukup lama menjadi mitra binaan Pelindo.

“Mereka adalah kelompok rumput laut yang sudah lama menjadi mitra binaan kami. Di mana pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil yang dijalankan agar menjadi tangguh dan mandiri,” tegasnya.

Dia juga menambahkan bahwa program capacity building atau pelatihan ini merupakan proses peningkatan dan pengembangan kemampuan mitra binaan di dalam mencapai tujuannya secara efektif dan efisien dengan terus menerus menjadi usaha skala menengah.

Baca Juga : Kehadiran MNP Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia

Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa peralatan penunjang usaha kepada kelompok rumput laut.

Enriany berharap melalui pelatihan yang diberikan akan meningkatkan kualitas dan kemampuan usaha kelompok rumput laut.

“Diharapkan pula dengan bantuan berupa peralatan penunjang usaha kepada kelompok rumput laut yang diberikan, akan meningkatkan produksi rumput laut seluruh anggota kelompok khususnya di Galesong Utara, Kabupaten Takalar,” tukasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik17 Oktober 2024 08:42
Ingin Perubahan, Masyarakat Tamarunang Tumpah Ruah Sambut Amir Uskara
SULSELSATU.com, GOWA – Calon Bupati Gowa nomor urut 1, Amir Uskara, mendapatkan sambutan meriah dari ribuan masyarakat di BTN Griya Asri Sakinah dan...
Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...
Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...