Logo Sulselsatu

Rangkul Perempuan di Gowa, Srikandi Ganjar Sulsel Ciptakan Peluang Usaha dengan Kombucha

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 22 Maret 2023 10:42

Srikandi Ganjar Sulsel ajak perempuan di Kabupatrn Gowa berusaha lewat pembuatan kombucha (dokumen: istimewa)
Srikandi Ganjar Sulsel ajak perempuan di Kabupatrn Gowa berusaha lewat pembuatan kombucha (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, GOWA – Ide kreatif dan inovasi terus ditularkan srikandi pendukung Ganjar Pranowo agar berdampak positif bagi masyarakat dan perempuan milenial Indonesia.

Berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata, kali ini Srikandi Ganjar Sulsel menggelar kegiatan bertajuk Composting dan Workshop Membuat Kombucha. Workshop berlangsung di Kebun Tetangga Samata, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Selasa (21/3/2023).

Pada kesempatan ini, para peserta diajak membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby.

Baca Juga : Cerita Fira Pilih IM3 yang Mampu Jangkau Desanya Berjarak 13 Kilometer dari Pusat Kota

Kombucha merupakan teh fermentasi yang kita olah menggunakan scoby yang difermentasikan kurang lebih 14 hari. Jadi memang benar-benar kita mengasah keterampilan milenial,” ucap Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulsel Nurul Awainah.

Scoby (Symbiotic culture of bacteria and yeast) merupakan metabolit sekunder berbentuk bulat pipih seperti piringan, bertekstur kenyal serta berwarna keruh ini digunakan untuk membantu proses fermentasi kombucha.

Minuman teh probiotik ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis, menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Baca Juga : PKK Gowa Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Tes IVA dan Pap Smear di 26 Puskesmas

Bila ingin memperkaya rasa dari kombucha, lanjut Nurul, para peserta juga bisa menambahkan beberapa potongan buah segar seperti nanas, dan lain-lain.

Selain edukasi, Nurul berharap inovasi membuat produk olahan kombucha ini dapat menjadi ide segar para perempuan milenial menjadikan peluang bisnis baru khususnya di Kabupaten Gowa.

“Memang betul bisa menjadi peluang usaha karena teh ini banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi utamanya bisa diminum juga untuk penderita kanker,” ungkap Nurul.

Baca Juga : PKK Gowa Bakal Terapkan New Posyandu, Siapkan Standar Layanan Khusus

Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk merasakan esensi berkebun memetik kembang telang yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Salah satu peserta dalam acara, Siti Arbainah atau akrab disapa Ina (21) mengaku kegiatan ini bisa menginspirasi muda-mudi lebih berdaya maupun menjaga daya tahan tubuh.

“Tadi diperkenalkan tanaman bunga telang terus kaya ini kombucha yang bermanfaat ya, kombucha itu ternyata bagus untuk kesehatan. Kayanya menarik sih untuk dikembangkan (menjadi bisnis),” jelas Ina.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video22 Oktober 2024 23:30
VIDEO: Jokowi Santap Sate Kambing Bersama Ibu Iriana
SULSELSATU.com – Mantan Presiden Joko Widodo mengunggah momen makan berdua bersama Iriana Jokowi. Dalam video tampak mantan Presiden Jokowi Maka...
Hukum22 Oktober 2024 22:00
Kakanwil Kemenkumham Ajak Peserta Ujian SKD CPNS Tetap Tenang dan Percaya Diri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman memantau pelaksanaan Seleksi Kompet...
Politik22 Oktober 2024 21:30
Satukan Keluarga, Nurchalis Aziz Targetkan Kembali Menang untuk Danny-Azhar
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Setelah menyisir Luwu, Palopo, Luwu Utara, Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad melanjutkan kampanye dialogisn...
Video22 Oktober 2024 21:30
VIDEO: Prabowo Lantik Raffi Ahmad Sebagai Utusan Khusus Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni
SULSELSATU.com – Presiden Prabowo Subianto melantik Raffi Ahmad menjadi utusan khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan...