Perluas Penggunaan QRIS, BI Sulsel Hadirkan Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadan di NIPAH PARK

Perluas Penggunaan QRIS, BI Sulsel Hadirkan Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadan di NIPAH PARK

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) menggelar Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadan di NIPAH PARK. Bazar kuliner yang merupakan rangkaian kegiatan QRIS Ramadan Festival ini berlangsung pada 25 Maret – 19 April 2023.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan beberapa pihak seperti Bank Mandiri di Pelataran IMMIM dan Mall Ratu Indah, BRI di Gedung Mulo, APINDO di Lapangan Hasanuddin, dan ISEF di Muslim Fashion Show Claro Makassar.

Selain festival kuliner, ada berbagai kegiatan lainnya seperti edukasi serta penukaran uang tahun emisi terbaru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang layak edar menjelang lebaran.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko menjelaskan, Tentang Kuliner X QRIS melibatkan lebih dari 50 UMKM yang menerapkan seluruh transaksi pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Kata Rudy, selain bazar kuliner dari UMKM, terdapat beberapa event menarik lainnya yang akan hadir seperti creative workshop, fashion and handicraft bazar, live music dan community activity, serta layanan penukaran uang.

“Mendukung kegiatan ini, Bank Indonesia akan memberikan doorprize dua unit motor bagi merchant dengan transaksi terbanyak dan pengunjung yang beruntung. Ini merupakan upaya BI untuk terus mengenalkan pembayaran yang jauh lebih cepat, mudah, murah, aman, dan andal bagi masyarakat dan pelaku usaha,” kata Rudi dalam siaran persnya, Minggu, (26/3/2023).

Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadan merupakan salah satu kontribusi Bank Indonesia untuk mendukung program kerja Pemerintah Kota Makassar yaitu Makassar Kota Makan Enak. Acara ini juga merupakan salah satu turunan dari inisiatif Bank Indonesia dalam memperluas digitalisasi sistem pembayaran dan UMKM, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Rudy menjelaskan, perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital, khususnya QRIS berkembang sangat pesat di Sulsel, hasil dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Hingga akhir Februari 2023, jumlah merchant QRIS di Sulsel telah mencapai lebih dari 781 ribu. Sebanyak 86 persen di antaranya adalah UMKM. Dari sisi permintaan, jumlah pengguna QRIS di Sulsel telah mencapai lebih dari 541 ribu orang.

Melalui kegiatan ini kata Rudy, diharapkan penggunaan QRIS di Sulsel khususnya Makassar dapat lebih meningkat. Dari seluruh transaksi penggunaan QRIS di Sulsel, sebanyak 80 persen berpusat di Makassar.

“Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemerintah Kota Makassar, utamanya Dinas Pariwisata yang turut memberikan support kepada acara Tentang Kuliner x QRIS Spesial Ramadan ini. Kami juga sangat terbuka dan mengharapkan kolaborasi pada program unggulan seperti Lorong Kuliner, Festival F8 yang masuk ke dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara, ataupun event-event strategis lainnya,” jelas Rudy.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga