Logo Sulselsatu

Kembangkan Digitalisasi Desa, Amartha Perkuat Agen AmarthaOne di Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 13 April 2023 21:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Amartha Mikro Fintek berfokus menyediakan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM. Berkomitmen terus mendukung digitalisasi perekonomian pedesaan.

Komitmen ini diwujudkan lewat program keagenan AmarthaOne. AmarthaOne ini memfasilitasi para agen untuk memberikan layanan keuangan digital di pedesaan yang dapat diakses melalui aplikasi Amartha+.

Kehadiran agen AmarthaOne, diharapkan membantu meningkatkan perekonomian pedesaan di Indonesia dan memberikan akses yang lebih luas bagi para pelaku usaha mikro di pedesaan.

Baca Juga : Digitalisasi Menjadi Peluang Emas bagi Pengusaha Ultra Mikro

Saat ini program keagenan AmarthaOne telah tersedia di 17 wilayah regional Amartha, di antaranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lain-lain.

Head of New Retail Amartha Aditya Pratomo menjelaskan, pengembangan AmarthaOne sejalan dengan komitmen Amartha dalam menyediakan teknologi inklusif untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM pedesaan.

“Dengan AmarthaOne, para agen dapat memperoleh keuntungan lebih besar dari hasil penjualan PPOB (voucher pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga), sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pelanggan UMKM pun akan terbantu karena layanan keuangan digital dapat diperoleh dengan mudah dan
dekat,” papar Aditya Pratomo.

Baca Juga : Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi BRIZZI Meningkat 15%

Layanan agen AmarthaOne juga meliputi cashless payment point, sehingga mitra binaan Amartha dapat membayar angsuran lewat agen AmarthaOne. Mereka yang menjadi agen AmarthaOne telah teredukasi literasi keuangan digital serta memiliki riwayat portofolio pinjaman yang baik.

Kata Aditya, dalam perjalanannya selama 13 tahun menciptakan dampak bagi Indonesia, Amartha senantiasa berupaya untuk terus bertumbuh dan menjangkau jutaan UMKM akar rumput lainnya.

Untuk performa bisnis di tahun 2022, Amartha telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Tumbuh 93 persen dari tahun sebelumnya atau hampir 2 kali lipat dari total dana yangdisalurkan sebelumnya mencapai 2,4 triliun rupiah menjadi lebih dari 4,7 triliun rupiah.

Baca Juga : Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Pertumbuhan bisnis tersebut salah satunya didukung oleh porsi total pendanaan area
pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan dengan penyaluran hingga lebih dari 400
miliar rupiah kepada lebih dari 78 ribu UMKM.

“Pulau Sulawesi merupakan wilayah operasional dengan tingkat digitalisasi yang cukup tinggi. Terlihat pada peningkatan jumlah agen AmarthaOne yang signifikan, hingga mencapai 2,500 agen dalam waktu beberapa bulan,” jelas Aditya.

Untuk meningkatkan jangkauan agen AmarthaOne, Amartha melakukan ekspansi
nasional ke seluruh cabang operasional dengan mengadakan sosialisasi layanan AmarthaOne melalui program #AgenNaikKelas secara rutin.

Baca Juga : Mengenal Desa Wawowae, Pemenang Kategori Desa Potensial Wilayah Tengah Program Desa BRILian

Sosialisasi tersebut terbukti efektif untuk memperluas jangkauan ke UMKM dan memberikan kesempatan bagi lebih banyak mitra untuk memanfaatkan program digitalisasi yang diberikan. Di samping itu, adanya intervensi yang dilakukan Amartha seperti pelatihan tentang pemasaran dan keuangan kepada calon agen dapat memudahkan proses digitalisasi di lapangan.

“Tahun ini, Amartha memperingati 13 tahun perjalanannya dalam menciptakan dampak.
Masih banyak potensi UMKM akar rumput yang bisa kita tingkatkan melalui teknologi inklusif. Khusus program keagenan ini, ke depannya Amartha akan fokus mengembangkan program keagenan AmarthaOne yang semakin terintegrasi dan dapat menciptakan dampak ekonomi berkelanjutan. Amartha juga membuka potensi kolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama meningkatkan ekonomi akar rumput, agar tercipta kesejahteraan yang merata,” pungkas Aditya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...
Video17 Oktober 2024 20:16
VIDEO: DPR RI Setujui Pemberhentian Budi Gunawan, Herindra Diangkat sebagai Kepala BIN
SULSELSATU.com – DPR RI memberikan persetujuan atas pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menyetujui Budi Gunawan diga...