Kembangkan Digitalisasi Desa, Amartha Perkuat Agen AmarthaOne di Sulsel

Kembangkan Digitalisasi Desa, Amartha Perkuat Agen AmarthaOne di Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Amartha Mikro Fintek berfokus menyediakan layanan keuangan dan teknologi inklusif bagi UMKM. Berkomitmen terus mendukung digitalisasi perekonomian pedesaan.

Komitmen ini diwujudkan lewat program keagenan AmarthaOne. AmarthaOne ini memfasilitasi para agen untuk memberikan layanan keuangan digital di pedesaan yang dapat diakses melalui aplikasi Amartha+.

Kehadiran agen AmarthaOne, diharapkan membantu meningkatkan perekonomian pedesaan di Indonesia dan memberikan akses yang lebih luas bagi para pelaku usaha mikro di pedesaan.

Saat ini program keagenan AmarthaOne telah tersedia di 17 wilayah regional Amartha, di antaranya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lain-lain.

Head of New Retail Amartha Aditya Pratomo menjelaskan, pengembangan AmarthaOne sejalan dengan komitmen Amartha dalam menyediakan teknologi inklusif untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM pedesaan.

“Dengan AmarthaOne, para agen dapat memperoleh keuntungan lebih besar dari hasil penjualan PPOB (voucher pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga), sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pelanggan UMKM pun akan terbantu karena layanan keuangan digital dapat diperoleh dengan mudah dan
dekat,” papar Aditya Pratomo.

Layanan agen AmarthaOne juga meliputi cashless payment point, sehingga mitra binaan Amartha dapat membayar angsuran lewat agen AmarthaOne. Mereka yang menjadi agen AmarthaOne telah teredukasi literasi keuangan digital serta memiliki riwayat portofolio pinjaman yang baik.

Kata Aditya, dalam perjalanannya selama 13 tahun menciptakan dampak bagi Indonesia, Amartha senantiasa berupaya untuk terus bertumbuh dan menjangkau jutaan UMKM akar rumput lainnya.

Untuk performa bisnis di tahun 2022, Amartha telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Tumbuh 93 persen dari tahun sebelumnya atau hampir 2 kali lipat dari total dana yangdisalurkan sebelumnya mencapai 2,4 triliun rupiah menjadi lebih dari 4,7 triliun rupiah.

Pertumbuhan bisnis tersebut salah satunya didukung oleh porsi total pendanaan area
pulau Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan dengan penyaluran hingga lebih dari 400
miliar rupiah kepada lebih dari 78 ribu UMKM.

“Pulau Sulawesi merupakan wilayah operasional dengan tingkat digitalisasi yang cukup tinggi. Terlihat pada peningkatan jumlah agen AmarthaOne yang signifikan, hingga mencapai 2,500 agen dalam waktu beberapa bulan,” jelas Aditya.

Untuk meningkatkan jangkauan agen AmarthaOne, Amartha melakukan ekspansi
nasional ke seluruh cabang operasional dengan mengadakan sosialisasi layanan AmarthaOne melalui program #AgenNaikKelas secara rutin.

Sosialisasi tersebut terbukti efektif untuk memperluas jangkauan ke UMKM dan memberikan kesempatan bagi lebih banyak mitra untuk memanfaatkan program digitalisasi yang diberikan. Di samping itu, adanya intervensi yang dilakukan Amartha seperti pelatihan tentang pemasaran dan keuangan kepada calon agen dapat memudahkan proses digitalisasi di lapangan.

“Tahun ini, Amartha memperingati 13 tahun perjalanannya dalam menciptakan dampak.
Masih banyak potensi UMKM akar rumput yang bisa kita tingkatkan melalui teknologi inklusif. Khusus program keagenan ini, ke depannya Amartha akan fokus mengembangkan program keagenan AmarthaOne yang semakin terintegrasi dan dapat menciptakan dampak ekonomi berkelanjutan. Amartha juga membuka potensi kolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama meningkatkan ekonomi akar rumput, agar tercipta kesejahteraan yang merata,” pungkas Aditya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga