Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Gelar Gerakan Pangan Murah, Bantu Masyarakat Akses Kebutuhan Pokok dengan Harga Terjangkau

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 17 April 2023 17:17

Gerakan Pangan Murah Pemkab Gowa untuk masyarakat (dokumen: istimewa)
Gerakan Pangan Murah Pemkab Gowa untuk masyarakat (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Kecamatan Somba Opu.

GPM berlangsung selama 2 hari mulai 14 hingga 15 April 2023. Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga memasuki Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena masyarakat dapat mengakses pangan dengan harga terjangkau. Apalagi, saat ini beberapa komoditas pangan mengalami peningkatan harga.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah, Stabilkan Harga dan Kendalikan Inflasi di Makassar

“Komoditas pangan merupakan salah satu komoditas yang bersifat strategi, berdimensi sosial ekonomi dan politik, olehnya itu pembangunan ketahanan pangan menjadi salah satu sasaran pembangunan dalam peningkatan ekonomi,” ujar Kamsina saat membuka kegiatan GPM, Jum’at (14/4/2023).

Lanjut Kamsina, saat ini kondisi inflasi terjadi kenaikan harga bahan pangan pokok strategi yang mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap pangan pokok strategis yang tetap harus dipenuhi agar dapat hidup sehat dan produktif.

Untuk mengatasi hal ini dan mengurangi dampak inflasi maka hal yang pertama harus dilakukan adalah menstabilkan pasokan dan harga pangan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Hadirkan Rumah Dilan Dorong Pendidikan dan Keterampilan Perempuan, Ada di 18 Kecamatan

“Saya berharap dengan adanya GPM ini permasalahan dan tantangan pembangunan ketahanan pangan dalam jumlah yang cukup terutama dengan harga terjangkau dapat dijangkau serta aman dikonsumsi oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Syamhari mengatakan, GPM ini bertujuan untuk menyediakan aneka pangan lokal kepada masyarakat dengan Harga murah sehingga masyarakat dapat memperoleh aneka pangan lokal dengan harga terjangkau.

GPM ini merupakan tindak lanjut dari program Badan Pangan Nasional serta Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2012 yang menyatakan bahwa pemerintah perlu melakukan pengendalian harga khususnya terhadap harga pangan tertentu yang bersifat pokok untuk menghindafi terjadinya gejolak harga yang berakibat meresahkan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Mentan RI Andi Amran Sulaiman Serahkan Bantuan Total Rp65,4 Miliar ke Pemkab Gowa

Adapun bahan pangan dan produk dipasarkan hari ini berupa telur, minyak goreng, ayam, beras, gula, bawang merah, bawang putih serta produk UMKM lainnya.

Salah seorang warga Kecamatan Somba Opu, Nurwing yang tengah berbelanja mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya Pasar Gerakan Pangan Murah ini. Mengingat harganya yang relatif murah.

“Kegiatan ini sangat bagus karena barang yang dijual lebih murah, kami selaku masyarakat merasa senang berterimakasih kepada pemerintah yang telah menggelar kegiatan ini”, ujar Nurwing

Baca Juga : Mentan RI Serahkan Berbagai Bantuan Alat Pertanian Saat Kunker di Kabupaten Gowa

Ia pun berharap Pemerintah Kabupaten Gowa bisa konsisten dalam melaksanakan kegiatan ini. Sehingga dapat membantu masyarakat dan memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadhan.

Selain Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura stakeholder yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain, Kanwil Bulog Wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, PTPN Di Makassar, PT. Phokpank (Kti Fiesta), PT. Jaffa, UKM Naya Food, UMKM Kab. Gowa dan Indo Lautan Makassar Serta Poktan/Gapoktan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...
Ekonomi16 Oktober 2024 21:32
Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Sulselbar Sudah Edukasi 133.005 Masyarakat Tahun Ini
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar sejak Januari sampai dengan Agustus 2024 berhasil mengedukasi 133.005 orang....
Aneka16 Oktober 2024 20:24
BYD Haka Auto Tawarkan Dua Pilihan Solusi Charging Bagi Konsumen
Mendukung transisi kendaraan listrik di Indonesia, setiap dealer BYD Haka Auto menyediakan dua pilihan solusi home charging yang fleksibel bagi konsum...