Selama Masa Libur Lebaran 2023 Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen

Selama Masa Libur Lebaran 2023 Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen

SULSELSATU.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idulfitri 1444 H. Periode berlangsung pada 19-27 April 2023. Kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini.

Gede menambahkan, selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access dari Whatsapp, Facebook, Instagram yang mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan streaming yang mencapai 10 persen.

“Serta layanan lainnya mencapai 9 persen. Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen,” jelas Gede dala siaran resmi, Minggu, (30/4/2023).

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen, dan Meta (Facebook) 4 persen.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen.

Sementara dilihat dari area kota/kabupaten secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.

Di Sulawesi, sepanjang liburan Lebaran ini, trafik data meningkat sekitar 6 persen dibandingkan trafik di hari normal. Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur lebaran.

Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Sulawesi ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

“Sepanjang masa libur kemarin XL Axiata juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” jelas Dodik.

Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Sulawesi selama periode Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Muna sebesar 46 persen, Kabupaten Pinrang sebesar 28 persen, Kabupaten Jeneponto sebesar 23 persen dan Kabupaten Luwu Utara sebesar 22 persen.

Wilayah tujuan wisata popular Mall Ratu Indah dan Panakukang Square yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan. Tahun ini kenaikan sebesar masing-masing mencapai 58 persen dan 44 persen di banding hari biasa.

Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian. Kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar 39 persen, dan Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan 11 persen. Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Nusantara Raha, Kabupaten Muna 22 persen.

Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Mall Ratu Indah sebesar 58 persen, menyusul kemudian Panakukang Square naik hingga 44 persen.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga