Logo Sulselsatu

Bunga Rampai di Upacara HUT RI ke-78, Danny: Kemerdekaan dari Makassar Untuk Indonesia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 17 Agustus 2023 12:59

Peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-78 di Pantai Losari Makassar (Foto: Istimewa)
Peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-78 di Pantai Losari Makassar (Foto: Istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Anjungan City Of Makassar, Kamis (17/8/2023).

Pada peringatan HUT ke-78 ini, Pemkot Makassar mengangkat tema ‘Bunga Rampai Kemerdekaan Dari Makassar Untuk Indonesia’. Tema ini sejalan dengan tema Kemerdekaan RI ke-78 secara umum yaitu ‘Melaju Untuk Indonesia Maju.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, Bunga Rampai diambil menjadi tema tidak lain karena memiliki makna yang mendalam.

Baca Juga : KALLA Bawa Pulang Penghargaan Lestari Award 2024 Kategori Good Health & Wellbeing

Bunga Rampai sebagai simbol dari Kemerdekaan. Bungai Rampai mempunyai tiga makna, yaitu akar di darat dimaknai dengan 78 Bendera masing-masing 35 meter. Melambangkan akar perjuangan para pahlawan bangsa selama 78 tahun.

Batang, ada dua sepanjang 78 meter bentangan bendera di laut melambangkan Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi ideologi dan dasar negara selama 78 tahun Indonesia Merdeka.

Bunga, lima bunga melambangkan bunga kemerdekaan yang sedang dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia saat ini. Berasal dari lima bunga sila-sila Pancasila yang membuat Indonesia negara yang sangat disegani di seluruh dunia dengan rakyat makmur.

Baca Juga : Mobil Tangki Jadi Bahan Kampanye Paslon Pilwali, Tim Lawyer PDAM Makassar Melapor ke Bawaslu

“Pemkot Makassar memperingati momen bersejarah. Harus bermakna dan merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan pembangunan dan berkolaborasi bersama. Bunga Rampai Kemerdekaan Dari Makassar Untuk Indonesia,” ungkap Danny.

Suasana Bunga Rampai dirasakan langsung oleh ribuan hadirin yang memadati lokasi Anjungan Losari City of Makassar.

Mulai dari jajaran pejabat Pemerintah Kota Makassar, pimpinan dan anggota DPRD Makassar, hingga forum komunikasi dan pimpinan daerah (forkopimda) lainnya. Tak ketinggalan, mantan wali kota Makassar dan sekda kota Makassar.

Baca Juga : Mahasiswa Unhas Kini Bisa Tukar Sampah Jadi Pulsa, Begini Caranya

Pada kesempatan itu pula, Danny Pomanto turut menyampaikan beberapa program strategis kota Makassar yang menjadi jawaban dari problematika dunia.

Salah satunya, Lorong Wisata, Jagai Anakta, Perkuatan keimanan ummat, Sombere and Smart City serta masih banyak inovasi-inovasi lain. Program ini untuk mewujudkan Percepatan Makassar Kota Dunia yaitu ‘Sombere Dan Smart City’ dengan imunitas kuat untuk Semua.

“Saya juga menyampaikan kepada berbagai pihak yang hingga saat ini saling bahu membahu membangun Kota Makassar dengan tumbuh sangat baik. Sehingga menjadi percontohan dari berbagai daerah,” sebut Danny Pomanto.

Baca Juga : SMM Capital Group Groundbreaking Woodland Residence, Targetkan Serah Terima dalam 18 Bulan

Ia pun menitip pesan kepada generasi penerus bangsa agar harus bangkit di setiap langkah dan setiap tindakan dalam membuat banyak perubahan kebaikan.

“Kobarkan semangat perjuangan, mari kita terus satukan langkah, memaksimalkan potensi diri, menumbuhkan rasa kebangsaan, sebagai wujud dedikasi untuk Tanah Air Indonesia dan seluruh elemen bangsa, saling bersinergi, agar Indonesia Jaya selalu,” pungkas Danny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik17 Oktober 2024 10:47
Kabar Baik Bagi Petani, dr Ulfa-MHG Siapkan Asuransi Gagal Panen dan Jamin Kesediaan Benih Pupuk
SULSELSATU.com, BARRU – Sektor pertanian turut mendapat perhatian khusus dari pasangan dokter Ulfah-MHG. Olehnya itu, calon wakil bupati dan wak...
Politik17 Oktober 2024 08:42
Ingin Perubahan, Masyarakat Tamarunang Tumpah Ruah Sambut Amir Uskara
SULSELSATU.com, GOWA – Calon Bupati Gowa nomor urut 1, Amir Uskara, mendapatkan sambutan meriah dari ribuan masyarakat di BTN Griya Asri Sakinah dan...
Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...