Logo Sulselsatu

Demokrat Sulsel Ikhlas AHY Tak Jadi Wapres Anies, Ni’matullah: Kita Move On

Asrul
Asrul

Jumat, 08 September 2023 13:53

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PDI Perjuangan (PDIP) beri sinyal peluang pertemuan antara ketua umumnya Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pertemuan dua tokoh itu diproyeksikan untuk penjajakan koalisi di Pilpres 2024. Hanya saja pertemuan kedua mantan Presiden itu, diprediksi dalaam waktu drkat ini.

Selain itu, Demokotrat juga telah menegaskan jika partai tak mungin mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Pihaknya akan masuk kialisi mengusung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subinato.

Baca Juga : Demokrat Sulsel Panaskan Mesin Pemenangan Hadapi Pilgub dan Pilkada 24 Kabupaten Kota

“Susah, kecil kemungkinannya kita kembali. Itu sudah 99 persen tidak kembali ke Anies. Jadi, kami akan bergabung Ganjar atau Prabowo,” kata Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah saat ditemui di DPRD Sulsel, Jumat (8/9/2023).

Hal ini merujuk pada pertemuan internal Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memanggil jajaran ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) partainya di kantor pusat partai di Menteng, Rabu (6/9) lalu.

“Rapat bersama pak AHY dan para kader untuk mendengarkan masukan terkait langkah partai usai tak lagi mendukung bacapres Anies Baswedan,” tutur wakil ketua DPRD Sulsel itu.

Baca Juga : Demokrat Terbitkan 7 Rekomendasi Usungan Pilkada di Sulsel, Ini Daftarnya

Partai Demokrat pun diinstruksikan agar menurunkan seluruh baliho yang pernah dipasang memuat foto bakal calon Presiden Anies Baswedan seluruh daerah di Indonesia.

Ini seiring keputusan Anies Baswedan bersama NasDem yang dianggap sepihak memilih bakal Cawapres Muhaimin Iskandar tanpa sepengatahuan Demokrat.

Demokrat juga telah move on dari Anies Baswedan. Meskipun penjajakan koalisi bersama NasDem telah dibangun sejak tahun lalu, namun Demokrat memilih untuk membangun komunikasi dengan PDI Perjuangan atau Partai Gerindra menghadapi kontestasi elektoral di 2024 nanti.

Baca Juga : Appi Berpeluang Kendarai Demokrat Meski Tak Diberi Surat Tugas

“Bagi kami itu penghianatan. Alasannya jelas kita move on. Turunkan baliho secara baik,” kata Ketua Ni’matullah.

Bagi Ni’matullah keluarnya Demokrat dari koalisi pengusung Bacapres Anies Baswedan tentu memberikan dampak negatif menyongsong Pemilu nanti. Tapi diakuinya, perlahan perlahan bangkit dan mengatur ritme pergerakan.

“Pasti ada dampaknya. Untungnya Demokrat terbiasa menghadapi masalah. Badai pasti berlalu. Tapi bagi kami badai berlalu lalang. Kita membuktikan bahwa situasi apapun kita solid,” ujarnya.

Baca Juga : Tak “Direkeng” Demokrat, Seto Sebut Hanya Butuh Rekomendasi B1 KWK

Ia bercerita, ketika pertemuan pimpinan DPD Demokrat se-Indonesia, Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak tegar, meskipun mendapat penghianatan dari Anies Baswedan.

“AHY terharu tidak menyangka se-solid ini partai ini. AHY sangat tegar, tenang, tidak emosional. Jarang ada orang semuda itu, sematang itu kan,” ujarnya.

Di sisi lain, diungkapkan Ni’matullah penghianatan Anies terhadap Demokrat turut berdampak terhadap bakal calon legislatif di daerah.

Baca Juga : Minus ARA, Demokrat Sulsel Baru Beri Surat Tugas Kepada Enam Cakada

Pasalnya sebelum Anies Baswedan memutuskan secara sepihak memilih wakilnya, Demokrat telah menginstruksikan pemasangan baliho mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Caleg berapa banyak? instruksi memasang baliho Anies – AHY . Caleg Kota sudah mencetak baliho puluhan lembar. Ada caleg kota sudah mencetak semacam teko gambar Anies – AHY,” cerita Ni’matullah

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik17 Oktober 2024 15:16
Tidak Terdaftar di KPU, Lembaga Survei Pilkada Dilarang Rilis Hasil
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, hasil survei terkait elektabilitas bakal pasangan calon bermunculan. N...
Nasional17 Oktober 2024 15:00
Herindra Sah jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Herindra resmi menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan. Keputusan pen...
Metropolitan17 Oktober 2024 14:40
Makassar Diharap Jadi Terbaik di TP2DD 2025
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis membuka secara resmi High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalis...
Metropolitan17 Oktober 2024 14:36
HUT Sulsel 355, Pjs Wali Kota Makassar Meriahkan Fashion Show
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis hadiri opening ceremony Hari Ulang Tahun (HUT) ke 355 Sulawesi Selatan yang d...