Pastikan Nasabah Naik Kelas, PNM Aktif Edukasi dan Berikan Pembinaan Usaha

Pastikan Nasabah Naik Kelas, PNM Aktif Edukasi dan Berikan Pembinaan Usaha

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tidak hanya hadir memberikan pembiayaan saja, tetapi lebih dari itu. PT PNM memastikan nasabah bisa naik kelas melalui pembinaan usaha.

Kepala Devisi Transformasi Permodalan Nasional Madani (PNM) Raden Ali mengatakan, PNM selain memberikan akses keuangan juga memberikan literasi keuangan dan pembinaan.

“Jadi berbarengan dengan produk pembiayaan yang diberikan, PNM juga menggelar pertemuan kelompok mingguan agar bisa mengembangkan usaha,” jelas Raden Ali beberapa waktu lalu di Kabupaten Gowa saat edukasi keuangan bersama OJK.

Pertemuan ini di dalamnya ada pembinaan usaha untuk Mekaar yaitu kelompok yang diberikan pembiayaan dari PNM. Kelompok Mekaar akan dibina agar usahanya bisa naik kelas.

Setiap tahun, PT PNM juga rutin menggelar pertemuan PKU yaitu peningkatan kapasitas usaha. Pertemuan ini menghadirkan pakar untuk kemudian berbagi pengetahuan kepada nasabah. Kelompok diedukasi untuk menjadi modal meningkatkan usaha.

“Contohnya, PKU ini tentang kemasan. Nasabah akan diedukasi bagaimana menghadirkan kemasan yang menarik untuk meningkatkan kualitas usaha,” jelas Raden.

Dari setiap pertemuan tahunan yang dilakukan, PT PNM kemudian akan melihat seperti apa kebutuhan nasabah. Selanjutnya akan menjadi langkah PNM untuk terus membina nasabah agar meningkatkan taraf usaha.

“PT PNM tidak hanya memberikan modal finansial, tetapi juga modal edukasi dan sosial kepada nasabah. Jadi ata tiga modal yang diberikan,” tutur Raden.

Terbaru ini, PT PNM juga terlibat dalam edukasi keuangan bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) dan UMKM di Kabupaten Gowa Sulsel. Edukasi keuangan tersebut melibatkan setidaknya 500 masyarakat di Kabupaten Gowa.

Kegiatan tersebut juga sejalan dengan fokus PNM yang selalu memberikan edukasi dan pembinaan kepada nasabahnya.

Saat ini, PT PNM telah menyalurkan lebih dari Rp1,9 triliun pembiayaan kepada 451 nasabah di Makassar. Khusus di Kabupaten Gowa, PT PNM mempunyai 41 ribu nasabah dengan penyaluran pembiaayan hingga Rp200 miliar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga