Logo Sulselsatu

Tomps, Platform Besutan Telkom Dukung Akselerasi Digitalisasi di Kementerian BUMN

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 26 September 2023 10:54

Tomps platform besutan Telkom dukung digitalisasi data aset BUMN. Foto: Istimewa
Tomps platform besutan Telkom dukung digitalisasi data aset BUMN. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com – Sebagai perusahaan yang tengah bertransformasi menjadi digital telco, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya menunaikan tanggung jawabnya sebagai poros utama digitalisasi di Indonesia.

Upaya tersebut melalui implementasi layanan manajemen aset digital di Portal Aset KBUMN dengan memanfaatkan platform Tomps, salah satu produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital (Leap).

“Aset BUMN menjadi hal penting yang sejatinya perlu dilakukan pendataan dan pembaruan data secara berkala. Implementasi layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps membawa perubahan positif dalam mengoptimalkan manajemen aset yang dimiliki oleh BUMN di Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

Baca Juga : Telkom Boyong Tiga Penghargaan Anugerah Media Humas 2024

Dengan layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps, sebanyak 65 BUMN yang telah menggunakan Portal Aset KBUMN dapat melakukan pemutakhiran data aset tanah maupun bangunan dengan cepat, mudah dan terjaga keakuratannya.

Implementasi Tomps mampu meningkatkan transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam manajemen aset di jajaran BUMN dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Langkah pengkinian data yang dilakukan Tomps di Portal Aset mampu meminimalisasi risiko kepemilikan aset BUMN yang kompleks agar terhindar dari masalah hukum. Pengkinian data secara teratur menjadi upaya strategis guna memitigasi risiko dan memastikan transparansi serta akurasi dalam manajemen aset.

Baca Juga : Telkom Masuk Jajaran Forbes World’s Best Employers 2024, Peringkat 262 Tempat Bekerja Idaman

Pemanfaatan Tomps menciptakan platform yang lebih andal dan efisien dalam mengelola aset yang dimiliki BUMN beserta data geospasialnya.

Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari berbagai BUMN terhadap portal aset, karena telah menggunakan layanan manajemen aset dari Tomps untuk mengoptimalkan pengelolaan aset mereka.

Junior Analis Akuntansi Aset ASDP Indonesia Ferry Dicky Yulian Anantha mengatakan, semenjak sistem manajemen aset diimplementasi dengan Tomps, merasa platform Portal Aset KBUMN lebih user friendly.

Baca Juga : TelkomGroup Perkuat Digitalisasi Maritim Melalui Pemanfaatan Satelit Merah Putih 2

“Terlebih sekarang layanan dan fiturnya mudah dipahami. Tomps memberikan layanan digital dengan opsi upload yang bisa dilakukan secara efisien dan massal,” ungkap Dicky Yulian.

Kehadiran Tomps menjadi bukti nyata Telkom dalam mengorkestrasikan ekosistem digital di Indonesia. Sampai dengan tahun 2023, Tomps telah melakukan ratusan kerja sama strategis dengan kementerian dan berbagai perusahaan di Indonesia.

Tidak hanya Tomps, Leap Telkom Digital juga memayungi platform digital cerdas lainnya yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan dari Leap Telkom Digital dapat dilihat di sini https://leap.digitalbisa.id/#products.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar18 Oktober 2024 16:39
KALLA Gelar Olimpiade Hingga Got Talent Meriahkan HUT ke-72, Tumbuhkan Budaya Kompetitif Karyawan
Semarak Olimpiade KALLA nampak begitu jelas terlihat dari semangat para Insan Kalla atau karyawan dalam mengikuti setiap cabang olahraga yang dikompet...
Berita Utama18 Oktober 2024 16:24
Kisah Kehidupan Asrul Bikin Kapolres Jeneponto Tersentuh, Tiap Hari Bantu Sang Ibu Menyapu Sebelum ke Sekolah
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Kapolres Jeneponto, AKBP Widi Setiawan mengunjungi rumah Asrul, bocah yang setiap paginya membantu sang ibu menyapu ...
Metropolitan18 Oktober 2024 14:35
Pjs Arwin Dorong Serapan APBN-APBD Makassar 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis mendorong seluruh perangkat daerah Kota Makassar agar mempercepat serapan APBN...
Politik18 Oktober 2024 13:49
Dua Pengusaha Utara Selatan Siap Menangkan dr Ulfah MHG
SULSELSATU.com, BARRU – Dua pengusaha populer di wilayah Utara-Selatan Kabupaten Barru kompak mendukung pasangan nomor urut 2 dokter Ulfah-MHG d...