Logo Sulselsatu

SPJM Kenalkan Dunia Pelabuhan Lewat Program Pelindo Mengajar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 29 September 2023 08:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – PT Pelindo Jasa Maritim yang merupakan Subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kembali mengadakan Pelindo Mengajar.

Program ini untuk mengenalkan siswa SMA Kelas 3 tentang kementerian BUMN, Industri kepelabuhanan dan logistik. Program ini merupakan bagian dari rangkaian program Hari Pelindo ke-2 Tahun 2023, yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Pelindo Mengajar merupakan sebuah kesempatan untuk berinteraksi antara direksi dan para pelajar Siswa SMA kelas 3 khususnya untuk lebih mengetahui gambaran masa depan mereka tentang BUMN dan secara khusus terhadap Pelindo.

Baca Juga : Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua sekolah, yaitu di SMA 1 Sooko Mojokerto dan SMAN 1 Tambun Selatan Bekasi.

“Dalam kesempatan ini kami manfaatkan untuk terus berbagi wawasan dan sharing pengalaman khususnya di bidang kepelabuhanan kepada adik-adik semua, khususnya bagi para Gen Z di era digitalisasii,” kata Direktur Strategi dan Komersial PT Pelindo Jasa Maritim Faruq Hidayat di Mojokerto pada 18 September lalu.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum SPJM Rachmat mengatakan, di sini akan diperkenalkan dunia pelabuhan, potensi apa yang terelasi dengan para siswa, bisnis pelabuhan seperti ini, apa aktivitas Pelindo, dan banyak lagi hal lainnya terkait pelabuhan.

Baca Juga : Kehadiran MNP Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia

Pelindo Mengajar dilakukan di 28 titik yang tersebar di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur, dengan rentang waktu pelaksanaan mulai 15 September hingga 19 September 2023. Pemilihan lokasi ini sejalan dengan program Gen Z Talent Activation Kementerian BUMN di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Pelindo juga memberikan bantuan penunjang pendidikan di setiap sekolah yang dikunjungi program ini.

Menjelang dua tahun pasca merger, Pelindo terus melakukan transformasi untuk meningkatkan kualitas dan layanan di bidang kepelabuhanan.

Baca Juga : Tiga Tahun Merger, Pelindo Sukses Catat Kinerja Positif

Salah satu fokus utamanya adalah transformasi operasional melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan yang ditunjang peningkatan kapabilitas SDM, serta transformasi proses bisnis.

Rachmat melanjutkan, sebagai BUMN, Subholding Pelindo Jasa Maritim juga menjalankan peran mendukung stream bisnis yaitu di Bidang Marine, Equipment dan Port Services untuk menunjang layanan jasa kepelabuhanan serta seperti apa peran-peran kapal tunda/pandu.

Program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia melalui program TJSL, yang mengacu pada tiga bidang prioritas yakni peningkatan kualiatas pendidikan, keselarasan interaksi dengan lingkungan, dan pengembangan usaha mikro dan kecil.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Catat Pertumbuhan Positif Kinerja Konsolidasi Selama 2024

“Program Pelindo Mengajar ini merupakan salah satu contoh implementasi program TJSL perusahaan yang mendukung program pemerintah, khususnya di bidang pendidikan,” ujar Rachmat.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 Oktober 2024 23:49
VIDEO: Presiden Ungkap Alasan Pemberhentian Kepala BIN, Jokowi: Atas Permintaan Pak Prabowo
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemberhentian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Jokowi mengatakan pem...
Adventorial16 Oktober 2024 22:37
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Jajarannya Terapkan Nilai PASTI dan BerAKHLAK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, mengadakan arahan kepada seluruh j...
Politik16 Oktober 2024 22:19
Fatmawati Rusdi Dikenal Peduli Isu Perempuan dan Kelompok Rentan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fatmawati Rusdi dinilai sebagai sosok yang sangat concern dengan isu perempuan. Menurut Sekretaris Forum Alumni HMI W...
Video16 Oktober 2024 21:56
VIDEO: Pendaki Alami Insiden di Gunung Gandang Dewata Berhasil Dievakuasi
SULSELSATU.com – Pendaki yang mengalami trouble saat perjalanan turun gunung berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di Gunung Gandang Dewata,...