Syamsu Alam Harap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Makin Kokoh di Hari Kesaktian Pancasila

Syamsu Alam Harap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Makin Kokoh di Hari Kesaktian Pancasila

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153/Tahun 1967, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk diketahui, Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan sebagai satu kesimpulan dan keputusan untuk memberi tanda dan momentum keberhasilan menumpas pemberontakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal sebagai pemberontakan G-30-S/PKI.

Pada peristiwa pemberontakan tersebut, enam jenderal dan satu perwira Angkatan Darat terbunuh di malam 30 September 1965.

Bendahara PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Syamsu Alam mengatakan momentum Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini makin mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, mari menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta wujudkan persatuan bangsa di keanekaragaman dengan Pancasila,” ujar Syamsu Alam yang baru saja mengikuti Rakernas DPP PDIP di Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Caleg DPR RI Dapil Sulsel 2 ini menambahkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam 5 sila Pancasila harus menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

“Sila pertama saling terkait dengan kedua, ketiga persatuan Indonesia, sampai sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

“Inilah yang saat ini kita sama-sama memperjuangkan bagaimana rakyat Indonesia bisa merasakan keadilan yang sesungguhnya,” sambung Ketua Umum Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia (SPPGI) itu.

Untuk diketahui, tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga