Logo Sulselsatu

Serentak 14 Pemkab/kota di Sulsel Tandatangani Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 05 Oktober 2023 14:12

Penandatanganan KKPD oleh 14 kabupaten/kota di Sulsel/ Foto: Istimewa
Penandatanganan KKPD oleh 14 kabupaten/kota di Sulsel/ Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pertama di Indonesia, Provinsi Sulsel menghadirkan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD). KKPD ini juga telah disepakati 14 pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/kota) dengan melakukan penandatanganan serentak Peraturan Kepala Daerah (Perkada) KKPD.

Keempat belas Pemkab/Kota tersebut adalah Makassar, Palopo, Parepare, Bulukumba, Maros, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Sinjai, Soppeng, Sidenreng Rappang, dan Wajo.

Demi mempercepat implementasi KKPD pasca penandatanganan, BI Sulsel bersama Pemprov Sulsel, Pemkab/kota, Kanwil Kemenkumham Sulsel, Bank Sulselbar selaku bank pemegang Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), dan Bank Mandiri selaku mitra co-branding, akan terus memperkuat kolaborasi.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Siapkan Rp12,38 Miliar Uang Layak Edar untuk Lima Pulau 3T

Sinergi tersebut juga termasuk untuk mengawal 10 Pemkab/Kota lainnya di Sulsel yang belum menyelesaikan Perkada.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan, KKPD dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan governance pengelolaan anggaran Pemerintah Daerah.

“Dengan total belanja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang mencapai Rp800 triliun setiap tahunnya, kami di Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menjadikan implementasi KKPD sebagai concern bersama,” jelas Filianingsih saat launching di Claro Makassar, Rabu (4/10/2023) kemarin.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Bank Indonesia Sulsel Sasar Lima Pulau 3T Kepulauan Selayar

Kehadiran KKPD menjadi perwujudan langsung program prioritas Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menghadirkan kemudahan pelayanan publik dan investasi.

“Pengimplementasian KKPD memberi kemudahan dan percepatan dalam penyelesaian pembayaran atas kewajiban Pemerintah Daerah. Melancarkan perputaran ekonomi masyarakat khususnya bagi penyedia jasa Usaha Kecil dan Menengah,” tutur Bahtiar Baharuddin.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga18 Oktober 2024 07:36
Empat Jagoan Astra Honda Siap Melaju di Final Kejurnas MRS 2024
Pada akhir pekan ini (19-20/10/2024), para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) akan turun pada putaran final ajang balap Kejuaraan Nasional, Manda...
Video18 Oktober 2024 00:07
VIDEO: Warga Gotong Royong Hadang Maling Minimarket
SULSELSATU.com – Kejadian di Sidomulyo, Lampung Selatan, Rabu (16/10/2024) kemarin. Pelaku menggunakan mobil merk Honda Mobilio warna hitam Nopo...
Video17 Oktober 2024 21:41
VIDEO: Polisi Tindak Mobil PickUp ‘ODOL’ di Makassar
SULSELSATU.com – Satlantas Polrestabes Makassar melanjutkan Operasi Zebra Pallawa 2024 pada Kamis (17/10) siang. Dalam operasi tersebut, sebuah ...
Adventorial17 Oktober 2024 20:29
Staf Khusus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam Reformasi Birokrasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mendapatkan apresiasi tinggi dari Staf Kh...