Logo Sulselsatu

Temuan Survei Patra Data, 2024 PSI Bakal Melenggang ke Senayan

Asrul
Asrul

Kamis, 12 Oktober 2023 14:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinamika yang terjadi dalam proses pemilu 2024 memberikan kesan tersendiri bagi Masyarakat Indonesia, antusiasme dan dinamika masyarakat dalam pesta demokrasi yang sebentar lagi di laksanakan menjadikan salah satu referensi bagi Partai Politik maupun paslon Capres dan cawapres serta calon legislatif dalam menyusun strategi dan langkah pemenangan.

PatraData menjadi salah satu lembaga riset dan konsultan yang ikut andil dalam survei nasional, memberikan paparan hasil survei nasional melalui survei telepon terhadap 1220 responden yang dimulai dari tanggal 1 – 7 oktober 2023 yang lalu dengan beberapa kategori.

“Hasil Survei Nasional PatraData yang dilakukan pada sampel responden yang dipilih secara acak dari kumpulan data base nomor telepon yang dimiliki oleh PatraData. Menggunakan asumsi simple random sampling, jumlah responden 1.220 memiliki toleransi kesalahan (margin of error – MoE) sebesar (2,9% pada tingkat kepercayaan 95%,” ungkap Rezki Adminanda selaku Manager Riset PatraData dalam paparannya di Kantor PatraData, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga : Kaesang Hadir Langsung di Makassar Serahkan Dukungan ke Sudirman-Fatma

“Selanjutnya Quality Control dilakukan dengan menelepon ulang responden (call back) sebanyak 20% dari total sampel,” sambung Rezki.

Pada Kategori Kinerja Presiden saat ini, kepuasaan responden di angka 75.2%. mayoritas responden 19,47% menyatakan percaya dan 63,05% cukup percaya terhadap lembaga presiden, sedangkan hal tersebut berbanding terbalik dengan lembaga DPR yang menjadi lembaga tidak dipercaya sebesar 26,60% serta 40,64% responden menyatakan kurang percaya dengan DPR.

Selain itu pada kategori pilihan partai politik, PDIP masih unggul terhadap pilihan partai politik di 21,88%, Peringkat kedua terdapat partai Gerindra di 17,92% dan berikutnya Golkar di 8,18%, Nasdem berada diurutan keempat dengan angka 7,92%, berikutnya PKS di 6,89%, PKB di 6,37%, Demokrat di 5,68% dan PAN di 4,22%.

Baca Juga : Sudirman Sulaiman Harap Dukungan PSI Maju Pilgub Sulsel

“Hasil yang menarik pada persentase partai PSI di 3,79% setelah PAN disusul PPP di 3,53%. Survei Nasional PatraData ini dilakukan setelah Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo didaulat menjadi Ketua Umum PSI sehingga kami menduga hal tersebut yang membuat responden memilih Partai PSI,” jelas Rezki.

“Untuk PPP sendiri tentunya masih ada waktu agar kerja lebih ekstra dalam memastikan diri untuk bisa lolos kembali menjadi partai parlemen pada periode 2024 – 2029,” tutup Rezki Adminanda di akhir paparannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Oktober 2024 17:22
Beredar Surat Pengangkatan Irwan Adnan “Pakintaki” Sebagai Pj Sekda Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Beredar surat pengangkatan mantan bakal calon Wali Kota Makassar Irwan Rusfiady Adnan yang dikenal dengan slogannya ̶...
Video17 Oktober 2024 16:33
VIDEO: Presiden Jokowi Ungkap Arti Nama Cucu Keenam: Bebingah San Tansahayu
SULSELSATU.com – Presiden Joko Widodo menjenguk cucu keenamnya dari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Rabu (16/10) malam kemarin. Dalam kesempa...
Politik17 Oktober 2024 16:29
Debat Pertama Pilgub Sulsel Dijadwalkan 28 Oktober, Begini Persiapan KPU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner KPU Sulawesi Selatan, Hasruddin Husan, mengumumkan bahwa pelaksanaan debat calon gubernur dan wakil gubern...
Hukum17 Oktober 2024 16:10
Tiga Komisioner KPU Palopo Ikut Tersangka Kasus Pemalsuan Ijazah Bersama Trisal Tahir
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gakumdu Palopo menetapkan Calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan ijazah...