Logo Sulselsatu

LAZ Hadji Kalla dan LPPM Kalla Institute Beri Pelatihan Pengelolaan Usaha Bagi Teman Tuna Netra

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 24 Oktober 2023 15:40

Pelatihan pengelolaan usaha bagi teman Tuna netra. Foto: Istimewa
Pelatihan pengelolaan usaha bagi teman Tuna netra. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Memberikan dukungan terhadap kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, Yayasan Hadji Kalla melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Hadji Kalla bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Kalla Institute menggelar program Pelatihan Asnaf Miskin Tuna Netra.

Program ini diselenggarakan di Hotel Teraskita Makassar dan melibatkan 18 penerima manfaat dari kalangan tuna netra. Mereka menerima pelatihan yang komprehensif dalam bidang usaha mandiri pijit.

Mereka juga dilatih tentang ilmu manajemen pengelolaan usaha, sehingga dapat meraih kemandirian secara ekonomi dan sosial pada Senin (22/10/23).

Baca Juga : LAZ Hadji Kalla Tingkatkan Ekonomi dan Pemberdayaan Sosial Desa Pelosok Kabupaten Donggala

Pogram Manager Islamic Care Yayasan Hadji Kalla Salman Febriyansyah mengungkapkan, Yayasan Hadji Kalla berkomitmen untuk memberikan peluang yang adil kepada semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang membutuhkan dukungan khusus.

“Program ini adalah salah satu wujud nyata dari tekad kami untuk memberdayakan dan memperkuat kemandirian warga yang kurang beruntung”, ungkapnya.

Pelatihan usaha mandiri ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan kepada para peserta, sehingga mereka dapat menjalankan usaha pijit mereka sendiri dengan percaya diri.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Jadi Tuan Rumah Peluncurkan PFI Chapter Makassar

Selain aspek teknis, para peserta juga diajarkan manajemen keuangan, pemasaran, dan perencanaan bisnis yang efektif.

Perwakilan dari Tim LPPM Kalla Institute Andi Tenripada menyatakan, merasa senang dapat berkontribusi dalam upaya ini.

“Program pelatihan ini menciptakan kesempatan bagi para peserta untuk mengembangkan keterampilan yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan membantu mereka mencapai kemandirian,” jelasnya.

Baca Juga : Jusuf Kalla Saksikan Yayasan Hadji Kalla Beri Bantuan untuk Masjid Kubah 99 Makassar

Upaya ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk komunitas lokal, serta organisasi seperti Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) yang berdedikasi untuk membantu dalam pelatihan dan pendampingan.

Dalam prosesnya, para peserta merasakan dukungan dan perhatian yang kuat dari LAZ Hadji Kalla, LPPM Kalla Institute, dan ITMI.

Sementara itu, Hamzah Yamin selaku Ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Sulsel menyampaikan bahwa melalui program ini akan semakin banyak teman netra yang terbantu, terutama bagi mereka yang ingin belajar memulai usaha atau mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Baca Juga : Kementrian Lingkungan Hidup Kunjungan ke Kampung Hijau Energi LAZ Hadji Kalla

“Kami berharap program ini bisa terus berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak teman netra yang ada di Sulsel. Apalagi lewat inovasi baru dari program ini, di mana kita dibantu untuk pembinaan usaha mandiri, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kami, terima kasih untuk Yayasan Kalla yang selalu memberikan perhatian kepada kami,” ujarnya.

Program Pelatihan Asnaf Miskin Tuna Netra ini adalah bagian dari serangkaian inisiatif sosial yang digerakkan oleh LAZ Hadji Kalla, dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif17 Oktober 2024 14:20
Toyota Rangga Bakal Rilis Akhir Pekan Ini, DP Mulai Rp10 Persen
Kalla Toyota akan kembali menggelar pameran otomotif di Mal Ratu Indah pada 17 sampai 27 Oktober 2024. Tema yang diangkat bulan ini adalah Pesta Rangg...
Politik17 Oktober 2024 13:49
Keluarga Semen Tonasa Bergerak Untuk Menangkan Pasangan AMAN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid – Abdul Rahman Bando ...
OPD17 Oktober 2024 12:37
DPRD Makassar Verifikasi Dugaan Pelanggaran Izin Restoran Mie Gacoan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasca menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebagai tindak lanjut laporan masyarakat, DPRD Makassar melakukan inspeksi me...
Politik17 Oktober 2024 11:06
Gelombang Dukungan Ribuan Warga Somba Opu untuk Husniah-Darmawangsyah
SULSELSATU.com, GOWA – Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Sitti Husniah Talenrang – Darmawangsyah Muin (Hati Damai) menggeb...